pulsa-logo

RAM 10GB ke Atas Bakal Banyak Diadopsi di Ponsel Flagship 2019


Fauzi

Selasa, 22 Januari 2019 • 15:18

Lenovo Z5 Pro G,RAM 12,Lenovo


Ilustrasi: Vivo NEX Dual Display Edition (Ponsel dengan RAM 10GB), Image: VivoIlustrasi: Vivo NEX Dual Display Edition (Ponsel dengan RAM 10GB), Image: Vivo

Di penghujung tahun 2018 lalu, dunia perponselan dikejutkan dengan kehadiran Lenovo Z5 Pro G. Bukan tanpa sebab, hal itu lantaran smartphone ini datang dengan RAM 12 GB bahkan menjadi yang pertama di dunia dengan RAM sebesar itu.

Tahun ini, langkah Lenovo yang telah menghadirkan smartphone dengan kapasitas RAM sangat besar, sepertinya bakal diikuti oleh vendor lainnya. Bahkan, smartphone flagship dengan RAM di atas 10GB bakal spesifikasi mainstream ditawarkan tahun ini.

Mengutip pernyataan sumber industri seperti dinukil dari DigiTimes, smartphone berbasis Android yang diluncurkan tahun 2019 akan membawa beberapa komponen inti yang telah ditingkatkan, terutama upgrade RAM 10GB atau lebih pada perangkat flagship.

Sumber tadi juga meyakini bahwa RAM 10GB akan menjadi spesifikasi mainstream untuk smartphone flagship yang dirilis tahun ini, dengan beberapa pemain mempromosikan model flagship mereka dengan RAM lebih dari 10GB.

Disebutkan bahwa peningkatan spesifikasi akan tetap menjadi strategi bagi vendor smartphone tahun ini . Kendati demikian, sumber industri yang tidak disebut namanya itu menegaskan bahwa permintaan DRAM mobile kemungkinan tidak akan mengalami kenaikan signifikan sampai paruh keduatahun 2020.

“Permintaan/penggantian smartphone akan tetap lamban sebelum komersialisasi ponsel 5G,” demikian kata sumber anonim.

Bicara smartphone dengan RAM 10 GB, sejatinya sejumlah vendor seperti Xiaomi, ZTE, dan Vivo telah meluncurkan model baru yang datang dengan RAM sebesar itu. Sementara Lenovo, sebagaimana disebut di atas telah memperkanlan smartphone pertama dengan RAM 12 GB.


Seorang petinggi Nanya Technology, Lee Pei-ing, turut berkomentar terkait dengan langkah sejumlah vendor yang telah mulai mempromosikan upgrade fitur di perangkat mereka. Menurutnya hal ini dilakukan sebagai langkah untuk membuat diferensiasi produk.

Lee menilai pemutakhiran, seperti ditanamkannya AI dan beberapa lensa, juga akan memerlukan peningkatan memori. Sehingga dengan demikian, Lee mengungkap rasa optimisnya terkait permintaan DRAM mobile untuk smartphone Android flagship tahun ini, ketika model-model tersebut akan datang dengan RAM 10-12 GB.

Kendati demikian, Lee juga menilai bahwa permintaan dirangsang lebih lanjut pada tahun 2020 ketika ponsel 5G tersedia secara komersial lebih banyak lagi. (Ozi)

(Sumber)