pulsa-logo

Memprediksi Penamaan Android Q, Kira-kira Kepanjangan dari Apa?


Nariswari

Jum'at, 25 Januari 2019 • 10:30

Memprediksi Penamaan Android Q


logo Android (ist)logo Android (ist)

Selama hampir satu dekade, Google menamakan  berbagai   versi  sistem operasi Android besutan mereka  dengan nama-nama makanan/ kue dan permen. Sistem penamaan unik ini dimulai pada tahun 2009 dengan versi 1.1, dinamai sesuai dengan makanan Prancis  yakni Petite Four. Namun, name code ini hanya digunakan secara internal oleh perusahaan.  Karena  pada saat dirilis secara global, versi Android ini dinamakan OS Android 1.5 Cupcake.

Sejak itulah Google  secara resmi memulai  “tradisi” penamaan dengan nama-nama makanan atau permen yang  diikuti  dalam urutan abjad. Diikuti kemudian  oleh Android  Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, dan seterusnya hingga Android v9.0 Pie yang merupakan versi terbaru dari sistem operasi Google.

Kemudian pada tahun 2019, Google diharapkan akan meneruskan  versi terbaru Android dengan penamaan  yang sama, yakni Android Q. Kabarnya, pada Android Q  akan membawa  berbagai  perbaikan pada apps permission, serta dark mode di seluruh sistem.

Tapi kira-kira nama apa yang pas dengan  Android Q? Sejauh ini memang belum  ada yang tahu jawaban untuk pertanyaan ini. Dan sepertinya tidak ada tebakan yang tepat untuk nama makanan Android Q. Tapi tidak ada salahnya jika kita memprediksi dengan beberapa kemungkinan terkait Android Q.

1.    Menggunakan Nama Kue Yang Tidak Populer

Memberi nama Android Q adalah tantangan yang cukup besar  karena tidak banyak  kue yang benar-benar populer yang namanya dimulai dengan huruf   “Q”. Ada sih beberapa kue yang diawali huruf Q, seperti   Queijadinha, Qurabiya, Quindim, tapi semua kue  ini semua adalah nama makanan penutup tradisional dan tidak terlalu populer secara global.

Belum memiliki pengakuan global seperti Cupcake, misalnya. Sama halnya dengan merek-merek permen tentunya tidak banyak yang menggunakan awalan hufut “Q”. Ada beberapa merek permen  yang diawali huruf Q seperti  Quench Gum. Akan tetapi  nama permen ini  belum banyak dikenali  di seluruh dunia  seperti KitKat atau Oreo.


Google selama  ingin nama versi  Android-nya beresonansi melekat di benak konsumen. Bagaimanapun, Google ingin nama versi Android ini menjadi bagian dari pencitraan merek dan gambar Android . Dari perspektif branding, menamai  OS Android v10 Q  dengan nama kue atau  pastry yang langka atau eksotis tampaknya  akan menjadi ide yang buruk ketika  konsumen  merasa asing dan  tidak nyaman dengan  penamaan versi Android Q tersebut.

2. Meloncati Versi Android Q, Langsung ke R

Ada sebuah  bocoran sebelumnya yang menyebutkan bahwa secara internal, Google merujuk ke rilis OS berikutnya sebagai "Android Q". Akan  tetapi ketika Anda memikirkan betapa sulitnya mencari padanan nama kue berawalan huruf Q, maka bisa jadi Google akan melewatkan nama  itu dan langsung ke versi Android R. Namun ini  adalah suatu kemungkinan.  Pada penamaan Android R, banyak  kue yang populer secara global seperti  Rice Pudding, Red Velvet Cake, Raffaello, dan Reese's Pieces.  

3.    Opsi Lain Yang Bukan Nama Kue atau Permen

Saat terdesak untuk memilih nama versi  OS Android Q, Google nampaknya  akan “puter otak” untuk mencari  solusi terbaik untuk menamakan versi tersebut. Maka cukup wajar jika ada prediksi  jika  Google akan menamakan versi Android tersebut  bukan nama makanan atau permen. Haruskah Google memilih nama  camilan? Bagaimana jika OS Android v10 Quesadilla?  Mungkin ini bisa menjadi pilihan, tapi sekali lagi, nama  ini  bukan nama yang pas  untuk  versi terbaru Android. Karena Quesadilla belum terlalu populer.

Di sinilah banyak timbul keraguan  bahwa Google akan memberikan nama versi  Android-nya dengan nama makanan atau permen. Bisa jadi, Google akan menamakannya di luar nama kue atau permen. Mungkin ini akan menjadi kasus pertama bagi  Google untuk “melanggar tradisi” dalam penamaan OS Android dengan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Ada prediksi bahwa Google akan menamakan Android Q dengan tema lain misalnya Android 10 Quark atau Quazar. Atau mungkin Google melakukan  pendekatan yang lebih membumi  dengan menamakan lokasi atau tempat yang populer di dunia deperti  Android v10 Quebec. (*)

Sumber