pulsa-logo

Ssst, Layanan Pesan Instagram, Facebook Messenger dan WhatsApp Bakal Terintegrasi


PULSA

Senin, 28 Januari 2019 • 11:27

Ssst, Layanan Pesan Instagram, Facebook Messenger dan WhatsApp Bakal Terintegrasi


WhatsApp (ilustrasi)WhatsApp (ilustrasi)

Facebook menjadi perusahaan yang memiliki banyak layanan perpesanan. Ada Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Masing-masing memiliki penggemarnya, misalnya pengguna Facebook Messenger sangat besar di AS, WhatsApp sangat populer di Eropa, India juga Indonesia dan Instagram menjadi sosial media yang paling populer saat ini.

Nah, kabar terbaru seperti dilaporkan The New York Times (via Phonearena), CEO Facebook Mark Zuckerberg saat ini memiliki rencana untuk menggabungkan masing-masing layanan pesan menjadi satu. Sekarang ini masih dalam tahap pengembangan. Setelah selesai, platform akan terus berfungsi sebagai aplikasi independen. Namun, akan ada satu infrastruktur baru yang mendasarinya.

Ini berarti pengguna WhatsApp misalnya, akan dengan mudah mengirim pesan ke seseorang yang hanya memiliki akun Messenger atau sebaliknya. Fitur ini juga akan kompatibel dengan Pesan Langsung Instagram. Meskipun kemungkinan akan membutuhkan aplikasi yang terpisah untuk enikmati layanan antar platform.

Lalu kapan layanan ini bisa dinikmati? Menurut laporan, keputusan tersebut telah menghasilkan sedikit konflik internal di Facebook. Bahkan, puluhan karyawan WhatsApp dikatakan telah bentrok dengan Zuckerberg dalam pertemuan staf bulan lalu atas rencana tersebut.

Saat ini, Facebook berencana untuk menyelesaikan integrasi paling lambat akhir tahun ini atau awal 2020. Dalam sebuah pernyataan, raksasa media sosial itu sepertinya mengkonfirmasi hal ini dengan menyatakan bahwa ada "banyak diskusi dan debat" ketika proses "mencari tahu semua detail" dimulai.(*)