pulsa-logo

Resmi, Ini Fitur Unggulan Bluetooth 5.1 yang Wajb Anda Ketahui


Nariswari

Rabu, 30 Januari 2019 • 16:20

bluetooth,bluetooth 5.1fitur,fitur bluetooth


ilustrasi Bluetoothilustrasi Bluetooth

Kemarin (29/1) Bluetooth SIG secara resmi meluncurkan Bluetooth 5.1 yang verupakan versi tervaru dari Bluetooth. Menurut Bluetooth SIG, versi terbaru Bluetooth ini dilengkapi dengan berbagai fitur keren.

Berkat jarak transmisi yang lebih luas (300 meter), memungkinkan Bluetooth 5.1 memungkinkan konsumsi daya yang lebih rendah, kecepatan lebih cepat (2Mbps), dan kemampuan untuk menghubungkan dua perangkat audio secara bersamaan.

Bluetooth SIG menyebutkan bahwa ada beberapa perubahan baru yang paling penting yang dihadirkan di Bluetooth 5.1, salah satunya  adalah fitur “Direction Finding”. Bluetooth SIG berharap fitur ini dapat membantu beberapa tugas yang selama ini “ditangani” oleh Wi-Fi, antara lain pencarian lokasi seperti GPS, termasuk menentukan jarak dan pencarian lokasi dan tag location yang tepat.

Bluetooth SIG mengatakan bahwa akurasi posisi Bluetooth 5.1 bisa lebih presisi dengan jarak hingga sentimeter (saat ini 1 hingga 10 meter), dan hal itu akan memainkan peran penting dalam navigasi dalam ruangan (in-door navigation) dan pencarian cepat untuk perangkat kendali jarak jauh.

Fitur lain yang dihadirkan ke Bluetooth 5.1 termasuk GATT (Common Attribute Profile) yang dioptimalkan untuk meningkatkan pairing dan kecepatan koneksi dalam komunikasi. (*)

Sumber