pulsa-logo

Dituduh Sengaja Bikin Charger Lama Tak Kompatibel, Apple Digugat


PULSA

Rabu, 06 Februari 2019 • 08:32

apple,iphone,charger iphone,apple digugat


Paket penjualan iPhone (ilustrasi)Paket penjualan iPhone (ilustrasi)

Apple dilaporkan telah digugat oleh penggunanya lantaran dituduh memaksa membeli perangkat charger baru. Gugatan tersebut dilayangkan oleh pengguna di California yang mengalami ketidakcocokan dengan charger lama setelah melakukan pembaruan.

Menurut gugatan class action itu, ada ribuan pengguna iPhone yang tidak dapat menggunakan charger mereka setelah pembaruan iOS dan mereka menerima pesan kesalahan yang menyatakan "" aksesori ini mungkin tidak didukung. "

Apple dituduh dengan sengaja membuat charger lama tak kompatibel untuk memaksa pengguna membeli yang baru. Masalah tersebut terkait dengan pembaruan iOS pada November 2016, yang merupakan versi iOS 10.1.1, meskipun itu tidak secara eksplisit dinyatakan dalam pengarsipan di pengadilan.

Penggugat mengklaim tidak diberi tahu oleh Apple mengenai rencana memprogram yang berimbas terhadap charger iPhone lama. Hal ini memaksa penggugat untuk membeli iPhone baru atau pengisi daya baru, yang harganya kira-kira dua kali lipat, dan menuduh Apple mendapat keuntungan dari program ini.

Meski demikian, gugatan ini terasa sangat janggal. Sebab, jika benar pembaruan tersebut berpengaruh terhadap charger lama, pasti ada jutaan pengguna yang dirugikan, bukan hanya sebagian kecil. Tampaknya lebih mungkin notifikasi yang muncul mengenai kompatibilitas charger tersebut karena ada gangguan dari charger itu sendiri, seperti rusak atau kotor. (*)

Sumber: 1, 2, 3