pulsa-logo

Pembuat Aplikasi Cheat Game GTA Dituntut Ganti Rugi Rp2,1 Miliar


PULSA

Selasa, 12 Februari 2019 • 17:11

Pembuat Aplikasi Cheat Game GTA Dituntut Ganti Rugi Rp2,1 Miliar


GTA Online (PCGamer)GTA Online (PCGamer)

Cheat aau curang dalam permainan bisa merugikan orang lain bahkan sang penerbit game itu sendiri. Ini yang terjadi pada game GTA dimana pembuat cheat harus berhadapan dengan hokum karena digugat oleh sang penerbit game.

Pembuat cheat GTA Online dilaporkan telah dijatuhi hukuman untuk membayar denda kerugian. Pengadilan telah memerintahkan warga Florida Jhonny Perez, sang pembuat cheat, membayar denda sebesar 150.000 dolar AS atau setara Rp2,1 miliar dan ditambah 66.869 dolar AS untuk biaya pengacara.

Perez menciptakan serta membagikan aplikasi buatannya yang disebut berbagi Elusive, alat atau aplikasi curang untuk mengakali sistem pembayaran yang ada di GTA Online. Dengan aplikasi tersebut pemain tidak lagi butuh mengeluarkan uang.

Akhi Perez jelas merugikan Take-Two Interactive yang memiliki paten, Perez juga akhirnya dituduh merusak keseimbangan gameplay-nya. Alat curang itu berdampak pada model pembelian dalam game tersebut dan juga membuat pengalaman keseluruhan menjadi buruk bagi pemain lain yang tidak menggunakan alat curang itu.

Perez sudah menutip Elusive tahun lalu setelah Take-Two mengetahui aksinya. Dia juga berjanji kepada Tak Two bahwa hasil dari alat ini akan disumbangkan untuk amal. Take-Two pun meminta catatan keuangan untuk mengetahui berapa banyak uang yang diperoleh dari alat itu. Tapi Perez tidak menanggapi, sehingga Tak Two mengambil langkah hukum. (*)

Sumber