pulsa-logo

Waduh! Lebih dari 600 Juta Akun Hasil Peretasan Diperjual-belikan


Nariswari

Jum'at, 15 Februari 2019 • 17:03

Lebih dari 600 Juta Akun Hasil Peretasan Diperjual-belikan


ilustrasi hacker Venturebeat.comilustrasi hacker Venturebeat.com

Seanyak 616 juta akun hasil peretasan  yang dibobol dari 16 situs web diperjual belikan di dak web. Seperti dilansir TheRegister, akun-akun tersebut diantaranya diambil dari Dubsmash, Armpe Games, Whitepages, ShareThis dan beberapa situs lainnya.

Akun yang berhasil  dibobol oleh peretas terutama mencakup nama pemegang akun, alamat email dan kata sandi. Beberapa situs web yang terkena dampak termasuk Dubsmash (sebanyak 162 juta akun), MyFitnessPal (151 juta akun), dan MyHeritage (92 juta akun). Peretas telah membuat rincian web  fiktif  dari sekitar 617 juta akun yang dicuri dari 16 situs web termasuk ShareThis, Dubsmash dan MyFitnessPal.

Adapun informasi curian tersebut  dijual  secara  online di Dream Market, dengan harga kurang dari USD$ 20.000 dalam bentuk Bitcoin. Harga ini memang  tampaknya relatif murah karena informasi tersebut ditargetkan pada spammer dan kredensial yang dapat menggunakan informasi tersebut untuk juga mendapatkan akses ke situs lain di mana pengguna menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama.

Berikut  daftar  situs web yang diretas, antara lain adalah:

-    Dubsmash (162 juta akun)

-    MyFitnessPal (151 juta akun)

-    MyHeritage (92 juta akun), ShareThis (41 juta akun)


-    HauteLook (28 juta akun), Animoto (25 juta akun)

-    EyeEm (22 juta akun), 8fit (20 juta akun ), Whitepages (18 juta akun)

-    Fotolog (16 juta akun), 500px (15 juta akun), Armor Games (11 juta akun)

-    BookMate (8 juta akun), CoffeeMeetsBagel (6 juta akun)

-    Artsy (1 juta akun), dan DataCamp (700.000 akun).

Menurut  pihak  penjual informasi curian tersbeut  yang diyakini berada di luar AS, mengatakan kepada media The Register bahwa data Dubsmash telah dibeli oleh setidaknya satu orang. Sementara beberapa situs web  lain yakni  MyHeritage, MyFitnessPal dan Animoto  beberapa  hari yang lalu  sudah  memperingatkan pelanggan mereka  tentang peretasan tersebut. (*)