pulsa-logo

Xiaomi, LG, Alcatel dan Oppo Mengurangi Penggunaan Fitur NFC, Kenapa?


Nariswari

Senin, 18 Februari 2019 • 10:56

Xiaomi, LG, Alcatel dan Oppo Mengurangi Penggunaan Fitur NFC


Fitur NFCFitur NFC

NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Communication adalah teknologi  masa depan yang sebenarnya sangat  berguna dihadirkan di smartphone.  Fitur NFC ini membantu untuk melakukan berbagai fungsi tanpa kontak perangkat,  seperti menghubungkan perangkat dengan  aksesori seperti headphone, membantu proses pembayaran secara mobile dan banyak lagi.

NFC juga membantu untuk  berbagi file melalui perangkat Android dan penggunaan chip NFC yang dapat diprogram untuk melakukan berbagai fitur di smartphone. Menyadari bahwa  keberadaan fitur NFC yang bermanfaat ini, ternyata ada beberapa produsen smartphone yang berbasis  di Asia yang justru menurangi keberadaan fitur NFC di perangkat smartphone masa depan mereka. Mengapa demikian ya?

Menurut laporan Mobile Overview Report  yang dirilis ScientiaMobile, produsen seperti Xiaomi, LG, Alcatel, dan Oppo akan mengurangi penggunaan chip NFC di perangkat mereka mendatang. LG telah mengurangi penggunaan chip NFC  sekitar 69% pada tahun 2015 menjadi 55% pada 2018. Demikian pula, Xiaomi yang secara signifikan  telah mengurangi penggunaan  fitur NFC dari 11,9% menjadi 8,85% tahun ini. Sementara  itu, Oppo telah mengurangi penggunaan fitur NFC menjadi setidaknya 3% dari 28% pada 2018.

image credit: ScientiaMobileimage credit: ScientiaMobile

Penurunan penggunaan fitur NFC ini signifikan di pasar Asia dikarenakan beberapa alasan. Pengurangan ini terlihat pada merek-merek  smartphone tersebut dikarenakan mereka mengirimkan sebagian besar perangkat mereka ke pasar Asia Timur. Dan pasar-pasar di Asia Timur  ini belum cukup matang untuk infrastruktur NFC dan aplikasi perangkat kelas atas. Pasar di Asia Timur lebih dekat dengan perangkat kelas menengah dan entry level. Penghapusan NFC dari perangkat smartphone, tentunya juga mengurangi biaya produksi dan menurunkan harga banderol smartphone.

Ada beberapa alasan mengapa mereka mengambil langkah tersebut. Beberapa produsen smartphone tersebut  telah mengurangi penggunaan  chip NFC di perangkat smartphone mendatang  yang dirancang untuk wilayah Asia.

Perlu Anda ketahui, negara-negara seperti India dan China lebih sering menggunakan kode QR daripada chip NFC. Banyak layanan pembayaran seperti WeChat Pay, PayTM, UPI dan Alipay yang hingga kini efektif digunakan untuk transaksi pembayaran lewat perangkat mobile. NFC  cenderong kurang populer dan sangat lambat  penetrasi-nya di pasar negara berkembang. Di sisi lain, produsen seperti Huawei, Motorola, HTC, Sony dan Apple terus  meningkatkan ketersediaan NFC di seluruh perangkat mereka. (*)


Sumber: 1, 2