pulsa-logo

Sempat Ditanyakan dalam Debat Capres, Ini Arti Unicorn yang Dimaksud Jokowi


PULSA

Senin, 18 Februari 2019 • 16:02

unicorn,jokowi,debat pilpres, start up unicorn,perusahaan unicorn,arti unicorn


Bualapak termasuk salah-satu start up Unicorn (foto: Bukalapak)Bualapak termasuk salah-satu start up Unicorn (foto: Bukalapak)

Salah-satu pertanyaan dalam debat Calon Presiden yang secara resmi digelar oleh KPU semalam sangat menarik. Capres Jokowi sempat menanyakan kepada Capres Prabowo mengenai infrastruktur apa yang Bapak (Prabowo) siapkan untuk mendukung pengembangan ‘Unicorn-Unicorn’ di Indonesia?

Mungkin Anda termasuk yang tak begitu paham soal unicorn yang dimaksud oleh Capres Jokowi saat debat semalam. Nah berikut kami singgung soal apa itu Unicorn. Jika Anda browsing di Google, ditemukan bahwa arti Unicorn menurut Wikipedia adalah (bahasa Latin: cornus) adalah makhluk mitologis yang berwujud kuda dengan sebuah tanduk di dahi. Jika kata cornus dihubungkan dengan kata horn, maka berarti tanduk. Biasanya, bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral.

Tapi pertanyaan dalam debat Pilpres semalam adalah Unicord yang berkaitan dengan perusahaan Start Up, yang kini banyak bermunculan., seperti halnya Gojek, Bukalapak, Tokopedia dll. Nah, istiah Unicorn ini adalah definisi untuk perusahaan start up yang bernilai lebih dari 1 miliar dolar AS atau setara Rp14 triyun.

Menurut Cbinsight, per Januari 2019 setidaknya ada 325 perusahaan start up di dunia yang masuk kategori Unicorn. Kita boleh bangga karena beberapa perusahaan start up Indonesia masuk dalam daftar tersebut.

Misalnya saja Gojek, yang menurut data tersebut kini bernilai 10 miliar dolar AS atau setara Rp140 triliun. Adalag Tokopedia dengan valuasi 7 miliar dolar AS atau setara Rp98 triliun, Traveloka dengan valuasi 2 miliar dolar AS dan Bukalapak dengan valuasi 1 miliar dolar AS. Jadi ada 4 perusahaan start up Indonesia yang masuk kategori Unicorn. (*)