pulsa-logo

PUBG Mobile Janji Berikan Pengalaman Nge-game 'Lebih Sehat'


Nariswari

Selasa, 19 Februari 2019 • 14:30

PUBG Mobile,Game


IlustrasiIlustrasi

Sejak awal dirilis ke versi mobile pada 9 Februari 2018 silam, PUBG Mobile telah menjadi game yang sangat populer di banyak negara. Namun, game gratisan ini menuai kecaman, salah satunya adalah lantaran diduga mempromosikan kekerasan dan bahkan mengalihkan perhatian anak-anak dari studi dan pelajaran di sekolah. Di sinilah muncul  tuntutan untuk memberlakukan pelarangan main game PUBG Mobile.

Di India, ada beberapa insiden kecanduan PUBG Mobile yang mengarah pada kekerasan. Baru-baru ini, seorang pria diduga diserang dengan pisau oleh tunangan saudara perempuannya setelah yang terakhir mengeluarkan ponselnya dengan memainkan PUBG. Dia emosi karena  tidak dipinjamkan charger untuk smartphone-nya yang sedang memainkan PUBG Mobile.

Dalam insiden terpisah, seorang bocah lelaki Mumbai berusia 18 tahun diduga melakukan bunuh diri setelah dia berdebat dengan anggota keluarganya mengenai  tuntutan sang remaja  tersebut  yang meminta dibelikan  smartphone terbaru untuk  bermain game PUBG Mobile.

Tak hanya itu, PUBG Mobile menghadapi kritikan  panjang  dari publik. Tahun lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kecanduan game ini dapat mempengaruhi  gangguan kesehatan mental, terutama bagi anak-anak. WHO menggambarkan kecanduan ini sebagai "pola perilaku game yang persisten atau berulang". Dan gangguan kesehatan mental ini  bisa dikategorikan sebagai kecanduan yang parah, yang akan menempatkan game PUBG Mobile menjadi  "lebih diutamakan”  daripada kepentingan hidup lainnya.

Akhirnya  PUBG (PlayerUnknown's BattleGrounds) India menanggapi berbagai kritikan pedas dari berbagai lembaga masyarakat. Mereka berjanji untuk meluncurkan fitur-fitur baru  yang bertujuan  untuk mendorong pengalaman gaming yang jauh lebih  sehat bagi pengguna India. PUBG Corporation mengatakan bahwa  mereka akan bekerja sama dengan orang tua, pendidik, berbagai lembaga sosial  dan badan pemerintah untuk meningkatkan pengalaman bermain game lebih aman dan nyaman  bagi seluruh gamer, terutama  untuk gamer di  India.

“Kami menghargai dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh para pemain  PUBG Mobile  kami. Sementara kami berusaha untuk memberikan pengalaman bermain game PUBG Mobile yang terbaik kepada  seluruh penggemar kami, dan kami juga percaya bahwa sangat penting bagi kami untuk menjadi pihak  yang bertanggung jawab dari ekosistem game PUBG Mobile. Untuk tujuan ini, kami terus-menerus bekerja sama dengan pemangku kepentingan yang berbeda, termasuk orang tua, pendidik, dan badan pemerintah. Guna mendengarkan umpan balik mereka tentang apa yang dapat kami lakukan untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman bermain game PUBG Mobile yang lebih aman dan nyaman,” ujar juru bicara  tim  PUBG Mobile  dalam pernyataannya ke media.

Menurut PUBG Corporation,  untuk menumbuhkan ekosistem permainan yang sehat dan seimbang, PUBG Mobile akan  mengembangkan berbagai fitur dan peningkatan perangkat lunak baru yang memungkinkan  mereka  untuk menyediakan ekosistem bagi para pemain untuk menikmati PUBG Mobile dengan lebih aman, terkendali dan bertanggung jawab. (Naris/Ozi)


(Sumber)