pulsa-logo

Qualcomm Mengumumkan Modem 5G Baru Berkecepatan Hingga 7Gbps


Nariswari

Rabu, 20 Februari 2019 • 15:53

qualcomm,5G,modem 5G,snapdrgon,modem snapdragon


Logo Snapdragon (ilustrasi)Logo Snapdragon (ilustrasi)

Qualcomm baru-baru ini resmi meluncurkan modem 5G generasi keduanya yang dinamakan Qualcomm  Snapdragon X55 5G. Modem ini mendorong kecepatan nirkabel  jauh lebih cepat, yakni  hingga 7Gbps. Akan  tetapi menariknya, dan  yang lebih penting  modem Snapdragon X55 5G mendukung 4G LTE serta teknologi "warisan" seperti 3G dan 2G.

Sesuai dengan namanya,  modem Snapdragon X55 5G mendukung  konektivitas  5G, mmWave (bandwidth tinggi) dan sub-6GHz (jangkauan yang lebih baik). Selain itu modem Snapdragon X55 5G bekerja pada jaringan TDD dan FDD sehingga dapat digunakan di perangkat untuk negara-negara  barat dan untuk negara Asia termasuk di China.

Pada jaringan mmWave, modem Snapdragon X55 5G  dapat menelan bandwidth 8000MHz (dengan 2x2 MIMO) untuk unduhan 7Gbps dan unggahan 3Gbps. Dalam mode sub-6GHz ia berjalan hingga 100MHz bandwidth dan 4x4 MIMO.

Kinerja modem Snapdragon X55 5G diklaim sangat  cepat bahkan di jaringan 4G LTE dengan kecepatan hingga 2.5Gbps  dan 0.3Gbps. Tetapi di masa depan, modem Snapdragon X55 5G mendukung mode Stand Alone untuk hanya pada jaringan 5G yang tersedia (perlu Anda ketahui  bahwa generasi pendahulunya  yakni Snapdragon X50 hanya mendukung mode Non-Stand Alone).

Nah, bahwa dengan dukungan "2G" dan "3G", modem Snapdragon X55 5G berarti modem ini dapat bekerja dengan baik  pada perangkat  versi GSM dan CDMA, EDGE, EV-DO, dan lain sebagainya. Semuanya dicakup oleh modem tunggal ini. Pada dasarnya, ini dapat bekerja di hampir semua jaringan selular.

Keuntungan memilih modem Snapdragon X55 5G  salah satunya adalah bahwa jaringan konektivitas yang “jadul”  dapat dihubungkan ke chipset tanpa modem. Kabarnya, perangkat pertama yang akan diotaki dengan modem Qualcomm Snapdragon X55 akan meluncur pada akhir 2019. (*)

Sumber