pulsa-logo

Resmi: Keluarga Galaxy S10 Jadi Bintang Unpacked 2019, Ini Spek dan Harganya


Anwar Aburizal

Kamis, 21 Februari 2019 • 05:58

Samsung, Galaxy Unpacked, S10, S10+ S10e, S10 5G, Galaxy S


Galaxy S10 SeriesGalaxy S10 Series

Samsung akhirnya meluncurkan flagship terbarunya lewat gelaran rutin Galaxy Unpacked yang tahun ini dilaksanakan di San Francisco, AS. Event ini begitu spesial mengingat tahun ini Samsung menandai 1 dekade inovasi di keluarga Samsung Galaxy kebangaannya.

Meski sempat memberi kejutan dengan memperkenalkan Galaxy Fold di awal acara, namun seperti diprediksi, rangkaian S10 series menjadi bintang utama dalam gelaran ini.

Keluarga Galaxy S tahun ini dimeriahkan dengan 4 varian baru  yaitu  itu Galaxy S10, S10+, S10e, dan S10 5G. Sejumlah inovasi pun tentu saja dihadirkan Samsung untuk mempersenjatai rangkaian produk flagship terbarunya ini.

Untuk pertama kalinya, Samsung memperkenalkan Dynamic AMOLED yang merupakan suksesor dari Super AMOLED yang memiliki dukungan HDR 10+. Ada pula Wireless PowerShare yang memberikan kemampuan keluarga S10 kemampuan untuk mengisi daya perangkat lain melalui fitur Wireless Charging.

Pada sektor kamera, baik di depan maupun belakang kamera ponsel ini telah memiliki kapabilitas untuk merekam video dalam resolusi 4K. Kamera utama pada jajaran S10 bahkan mampu merekam video dengan fitur HDR 10+ ditambah dengan kemampuan Super Steady Digital Stabilization. Selain itu, kamera utama keluarga Galaxy S10 sudah dibekali dengan kamera Ultra-Wide yang mamulai debutnya pada produk kelas flagship di keluarga Galaxy. Sementara kamera depan pada setiap produk Galaxy S10 series telah hadir dalam desain layar Infinity-O.

Galaxy S10+

Samsung Galaxy S10+ adalah varian dengan spesifikasi tertinggi dari keluarga Galaxy S10. Ponsel ini dibekali dengan layar 6,4 inci Dynamic AMOLED dengan resolusi 1440p+


Dibalik layar tersimpan sensor sidik jari Ultrasonic pertama yang hadir pada sebuah ponsel. Tidak hanya lebih cepat, sensor ini diklaim lebih sulit untuk ditipu menggunakan sidik jari palsu.

Sementara itu, di sudut kanan atas pada layar terlihat lubang yang menampung dual kamera dengan resolusi 10MP dengan kemampuan merekam video 4K yang dibantu dengan sensor Depth-Sensing 8MP.

Tiga kamera utama di sisi belakang dilengkapi dengan fitur dual OIS. Masing-masing 12MP (Ultra Wide 77°) dengan kapabilitas Dual-Pixel Autofocus dan dual aperture (F/1.5 dan F/2.4), sensor 12MP (Telephoto) dan 16MP (Ultra-Wide 123°)

Galaxy S10+ akan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855 atau Exynos 9820 yang disesuaikan dengan wilayah peredarannya (region). Kemungkinan besar, pasar tanah air akan diisi oleh S10 series berbasis Exynos seperti biasa. S10+ hadir dengan pilihan 8GB/128GB pada pilihan terendah hingga 12GB/1TB pada kasta tertinggi.

Ponsel ini akan ditenagai dengan baterai 4100 mAh yang bisa diisi secara cepat menggunakan fitur Adaptive Fast Charging (15 Watt). Seperti disebutkan sebelumnya, ponsel ini juga telah mendukung fitur Wireless PowerShare. S10+ kabarnya juga akan hadir dengan edisi spesial dengan material ceramic.

Galaxy S10

Galaxy S10 hampir mirip dengan versi plus-nya. Hanya saja, layar yang dibawanya lebih ringkas yaitu seluas 6,1 inci. Meski demikian, S10 juga menggunakan panel Dynamic AMOLED yang ditambah dengan pemindai sidik jari Ultrasonik seperti halnya S10+.

Yang berbeda, kamera selfie pada ponsel ini merupakan kamera tunggal dengan resolusi 10MP, masih dengan kemampuan merekam video 4K. Beralih ke sisi belakang, kamera utama ponsel ini identik dengan yang dimiliki S10+

Ponsel ini akan didukung dengan RAM berkapasitas 8GB dengan pilihan memori penyimpanan internal 128GB atau 512 GB. Baik S10 maupun S10+ dilengkapi dengan slot microSD untuk menambah memori penyimpanannya. Di sektor baterai, ponsel ini dilengkapi dengan dukungan daya 3.400mAh dengan fitur yang sama seperti yang dimiliki S10+.

Galaxy S10e

Varian yang satu ini menjadi pilihan baru di kalangan seri Galaxy S. Dibanderol dengan harga yang paling murah, ponsel ini membawa layar datar. Tidak seperti S10 dan S10+ yang dibekali layar lengkung (Curved Screen).

Ponsel ini juga menggunakan panel Dynamic AMOLED dengan ukuran 5,8 inci lengkap dengan dukungan HDR+. Sayangnya, resolusi layar ponsel ini hanya sebatas 1080p+.

Pemindai sidik jari di bawah layar juga dihilangkan pada varian ini, untuk digantikan dengan pemindai sidik jari konvensional yang diletakkan di area samping bodi ponsel.

Ponsel ini dilengkapi dengan dual kamera utama yang hampir mirip dengan milik S10 maupun S10+. Hanya saja, ponsel ini tidak membawa modul Telephoto. Sedang di sisi depan, ponsel ini memiliki kamera yang sama seperti kepunyaan S10.

Galaxy S10e hadir dengan varian 6GB RAM dan 128GB internal storage pada varian terendah dan 8GB/256GB pada kelas tertinggi. Sedang untuk sektor baterai, ponsel ini dilengkapi dengan baterai berdaya 3100 mah, juga dengan kemampuan Wireless Charging, Fast Charging dan Wireless PowerShare.

Ketiga model yang disebutkan diatas mendukung konektifitas LTE dengan kecepatan maksimal 2Gbps, Wi-Fi 6 standard (up to 1.2Gbps), Samsung Pay, NFC dan MST. Ketiganya juga sudah disertifikasi tangguh dengan rating IP68.

Varian Warna, Harga dan Ketersediaan

Galaxy S10, Galaxy S10+ dan Galaxy S10e tersedia dalam pilihan warna Prism White, Prism Black, Prism Green, Prism Blue, Canary Yellow dan Flamingo Pink. Khusus, Galaxy S10+ tersedia pula varian premium yakni Ceramic Black dan Ceramic White.

Meski bisa dipesan mulai hari ini, namun Galaxy S10, Galaxy S10+ dan Galaxy S10e akan didistribusikan secara luas pada 8 March mendatang. Ponsel-ponsel ini akan dibanderol mulai dari $899.99 (sekitar Rp. 12,7 Juta) untuk Galaxy S10, $999.99 (sekitar Rp. 14,1 Juta) untuk Galaxy S10+ dan $749.99 (sekitar Rp. 11,3 Juta) untuk Galaxy S10e.

Sumber