pulsa-logo

Xiaomi Gandeng Light Pabrikan Pembuat Lensa Kamera Nokia 9 Pureview


Nariswari

Rabu, 27 Februari 2019 • 10:21

xiaomi,penta kamera,light,nokia 9 pureview


Lensa kamera Light (91mobiles)Lensa kamera Light (91mobiles)

Menghadirkan sensor kamera sebanyak mungkin ke dalam smartphone telah menjadi  trend yang cukup digemari akhir-akhir ini. HMD Global baru saja meluncurkan smartphone andalannya Nokia 9 PureView yang menampung sebanyak lima kamera (Penta Camera)  menghadap ke belakang.

Handset tersebut menggunakan  teknologi kamera pencitraan yang dikembangkan oleh Light.  Perusahaan pembuat lensa kamera Light, selama ini  terkenal karena membuat kamera multi-lensa dalam faktor bentuk dan dimensi yang kecil, yang cocok diaplikasikan  di perangkat  smartphone. Startup ini sekarang telah bekerja sama dengan Xiaomi, yang berarti kemungkinan besar bahwa kita dapat melihat perangkat serupa segera diluncurkan oleh OEM smartphone berbasis di China tersebut.

Light  dikenal untuk sistem kamera dengan multi-lensa untuk perangkat genggam. Pada 2017, startup tersebut  meluncurkan kamera L16  yang dibekali dengan sebanyak 16 sensor untuk mengambil foto beresolusi sangat tinggi 52MP.

Sistem kamera menggunakan pencitraan komputasi bersama dengan beberapa sensor untuk memberikan gambar resolusi tinggi, peningkatan kedalaman bidang dan sebagainya. Hal tersebut  memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan fokus setelah mengambil gambar dan memotong (cropping)  foto tanpa kehilangan detail-detail yang penting. Berkat beberapa sensor penting yang dikembangkan oleh Light,  teknologi multi-lensa  ini juga memberi pengguna akses ke panjang fokus yang berbeda-beda.

Namun sayangnya, baik  Light maupun Xiaomi tidak memberikan informasi apapun terkait  adanya kemungkinan smartphone apa yang akan mereka garap dari hasil “kolaborasi” mereka tersebut. Termasuk  indikasi kapan kita akan melihat smartphone multi-lensa tersebut. Akan tetapi ada  prediksi bahwa  smartphone multi-lensa  pertama Xiaomi tersebut akan  muncul menjelang akhir tahun ini atau mungkin awal 2020.

Xiaomi adalah salah satu produsen perangkat smartphone paling inovatif dengan jajaran produk smartphone  yang luar biasa. Maka tidak mengherankan jika Xiaomi cukup berani  berinovasi lebih dalam ke departemen kamera di smartphone generasi mendatangnya.

Dave Grannan (CEO dan salah satu pendiri  Light)  menyambut baik kemitraan antara Xiaomi dan Light. Dave mengatakan bahwa teknologi pencitraan komputasi Light  akan mengubah cara perangkat k= pintar  dalam melihat dunia. Sekaligus dapat  menerapkan teknologi multi-kamera dan memberdayakan perangkat keras dengan solusi pencitraan  berteknologi tinggi.


Selain Xiaomi, Sony juga mengumumkan kemitraannya dengan Light. Pembuat ponsel yang berbasis di Jepang tersebut beberapa waktu yang lalu telah mengkonfirmasi ke media bahwa mereka  akan meluncurkan smartphone dengan lebih dari empat kamera menggunakan teknologi Ligth, bersama dengan teknologi pencitraan komputasi untuk memberikan solusi multi-lensa. Smartphone multi lensa Sony tersebut kabarnya akan  diperkenalkan di akhir tahun ini. (*)

Sumber