pulsa-logo

AS Denda TikTok Rp79,8 Miliar, Ini Penyebabnya!


PULSA

Kamis, 28 Februari 2019 • 13:32

AS Denda TikTok Rp79,8 Miliar,tiktok,denda tiktok,aplikasi tiktok,artis tiktok


aplikasi TikTok di PlayStore (ilustrasi)aplikasi TikTok di PlayStore (ilustrasi)

Prembuat TikTok dilaporkan menghadapi hukuman di AS karena dianggap tak terlalu banyak berbuat dalam menghormati privasi anak. Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) telah mendenda TikTok (alias Musical.ly) sebesar 5,7 juta dolar AS atau setara Rp79.8 miliar sebagai bagian dari penyelesaian atas pelanggaran Children's Online Privacy Protection Rule (COPPA) yang dilaporkan pada aplikasi video lip-sync itu.

Pihak regulator mengatakan bahwa TikTok tidak hanya mengumpulkan informasi pribadi dari pengguna di bawah umur 13 tahun tanpa persetujuan orang tua mereka, tetapi juga membuat profil tersebut ke publik dan hingga Oktober 2016, memungkinkan orang berbagi lokasi mereka dengan teman-teman terdekat. Pengembang dituding mengetahui bahwa "persentase signifikan" pengguna (TikTok) berumur di bawah 13 tahun tetapi tidak mengubah apa pun bahkan setelah "banyak keluhan," kata FTC.

Penyelesaian ini juga mengharuskan TikTok menghormati COPPA di masa depan, dan menarik semua video yang dibuat oleh anak-anak di bawah 13 tahun. TikTok sudah mengambil tindakan, meskipun baru pada tingkat dasar. Misalnya dengan membatasi pengumpulan data dan mencegah pengguna di bawah umur 12 memposting atau membagikan video, mereka hanya bisa menyukai klip dan mengikuti pengguna lainnya.

TechCrunch mencatat bahwa anak-anakbisa saja mengakali usia mereka sebearnya untuk menerobos aturan, tetapi ini setidaknya mengakui kehadiran COPPA dan memberi cara kepada orang tua untuk mengontrol akses. (*)

Sumber