pulsa-logo

Nova 4 200 Million, Tanda Pencapaian Huawei di Tahun 2019


Andre Lukmana

Jum'at, 01 Maret 2019 • 07:37

huawei, mwc, mwc 2019, mate x,huawei nova 4


Huawei Nova 4 Limited EditionHuawei Nova 4 Limited Edition

Masih hangat berita tentang Huawei Mate X, produk layar lipat Huawei yang menyita perhatian dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2019 kemarin, PULSA berkesempatan mencoba produk Huawei lain yang tidak kalah heboh, Huawei Nova 4. Produk yang diluncurkan November 2018 lalu ini memang unik dan membawa sejumlah fitur yang tidak kalah keren dibanding produk-produk anyar yang beredar selama ini.

Nah lebih khsus lagi nih, kali ini kita kedatangan varian khusus, yakni Nova 4 200 Million. Merupakan produk untuk merayakan keberhasilan Huawei mencapai 200 juta unit pengapalan smartphone.

Dalam delapan tahun terakhir, Huawei mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan dari produksi dan penjualan perangkat smartphone. Berdasarkan catatan Huawei, terjadi peningkatan enam kali lipat pengapalan smartphone dari 3 juta unit di tahun 2010, menjadi 200 juta unit di 2018. 

Di pasar global, Huawei juga membukukan prestasi yang cukup keren. Dari yang hanya dilabel sebagai merek “lainnya”, kini lompat menjadi Top 3 dunia. Sebagai catatan tambahan, pada kuartal kedua dan ketiga 2018, Huawei juga mengklaim mencapai posisi terbesar ke-2 dunia dengan pangsa pasar global 14,6%. Saat ini, perangkat Huawei telah digunakan lebih dari 500 juta orang di lebih dari 170 negara.

Berdasarkan laporan sebuah institusi riset third-party terkemuka dunia, IPSOS, brand Huawei telah diasosiasikan dengan ide yang terus berkelanjutan, punya kemampuan inovasi yang kuat, dan layak dipercaya di mata para konsumen di seluruh dunia.

Kembali ke Nova 4, smartphone ini digadang-gadang mampu menghadirkan inovasi yang ada di produk flagship ke perangkat mid-end. Salah satu inovasi tersebut adalah teknologi punch hole di kamera depan. Teknologi ini bahkan dikenalkan lebih dulu dari para rivalnya.

Berbeda dengan teknologi serupa dari merek lain yang rata-rata memakai True Hole, di Nova 4 Huawei menerapkan True Black Hole yang memiliki lubang kamera di bawah LCD. Artinya, punch hole kamera di Nova 4 ini lebih terlindung dan seolah-olah ‘menyatu’ dengan layar tanpa terlihat lubang kamera saat layar gelap. Inovasi yang dihadirkan Huawei ini sejalan dengan core competency mereka yang sangat fokus pada urusan R&D dimana pada tahun 2018 lalu jumlah investasinya sebesar 13,5 miliar USD dan menempati posisi ke 5 di dunia.


Huawei Nova 4 Limited EditionHuawei Nova 4 Limited Edition

Huawei Nova 4 memiliki dua fitur utama yakni kamera selfie 25MP yang ditanamkan ke layar dan tiga kamera utama yang ditempatkan secara vertikal di bagian belakang. Konfigurasi utamanya terdiri dari 48MP dengan aperture f / 1.8, yang disandingkan dengan kamera wide angle 16MP f/2.2 ultra lebar dan kamera depth sensor 2MP dengan aperture f/2.4.

Kombinasi kamera yang dibawa Nova 4 ini mampu menghadirkan hasil jepretan foto dengan kualitas yang apik, baik untuk foto di kondisi standar maupun di tempat bercahaya minim (Low Light). Beragam fitur keren serta mode kamera profesional juga bisa ditemukan pada Nova 4 untuk pengalaman fotografi yang lebih maksimal.

Hadir dengan desain yang cukup keren, Nova 4 mengusung layar 6,4 inci Full HD+, dan berjalan di platform Android 9.0 Pie dengan antarmuka EMIU 9.0.1. Huawei Nova 4 ditenagai oleh baterai berkapasitas daya 3,750 mAh (dengan fitur pengisian cepat dan pengisian daya 18W). Huawei Nova 4 diotaki oleh processor Octa-core Kirin 970, ROM 128GB, RAM 8GB, dan didukung oleh GPU Mali G72 MP12.

Hasil foto kamera Huawei Nova 4Hasil foto kamera Huawei Nova 4

Hasil foto kamera Huawei Nova 4Hasil foto kamera Huawei Nova 4

Curi Perhatian di MWC 2019 dengan Smartphone Berlayar Lipat, Mate X

Huawei Mate X (Huawei)Huawei Mate X (Huawei)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Huawei pun ikut meramaikan gelaran akbar Mobile World Cogress (MWC). Di even berskala internasional tahun ini, Huawei mencuri perhatian lewat Mate X. Smartphone ini hadir dengan layar lipat dan diklaim sebagai “ponsel multi bentuk” paling keren di MWC 2019.

HUAWEI Mate X memiliki panel OLED fleksibel berkekuatan tinggi dan engsel mekanis Falcon Wing, yang menjadikannya sebagai perangkat 2 in 1 yakni smartphone sekaligus tablet.

Panel layar ganda 6.6 inci di HUAWEI Mate X berkonsep FullView, dan saat dibentangkan akan memiliki ukuran 8 inci dengan tebal hanya 5.4mm. Gambar ditampilkan dengan sangat jelas dan detail, dan panel itu sendiri aman, tahan lama dan menampilkan kinerja pendinginan yang dapat diandalkan. Smartphone yang dapat dilipat ini hadir dengan warna Interstellar Blue.

Huawei Mate X (Huawei)Huawei Mate X (Huawei)

HUAWEI Mate X dilengkapi dengan chipset modem multi-mode 7nm 5G pertama di dunia, chipset ini memiliki kecepatan unduh 5G yang belum pernah terjadi sebelumnya, pada 4,6Gps pada band Sub-6GHz (teoritis). Balong 5000 juga merupakan chipset pertama di dunia yang mendukung arsitektur SA dan NSA, pengguna tidak akan memerlukan peningkatan perangkat untuk terus menikmati konektivitas 5G. Fitur dual SIM HUAWEI Mate X mendukung 4G dan 5G.

Sebagai sumber power, HUAWEI Mate X dibekali dengan baterai 4.500mAh yang dikombinasikan dengan teknologi hemat daya pintar AI. Meski berbaterai besar, namun HUAWEI Mate X tetap terlihat ramping dengan ketebalan bodi hanya sekitar 5,4mm. HUAWEI SuperCharge 55W mengisi baterai dengan cepat untuk meminimalkan waktu henti bagi mereka yang lebih menyukai gaya hidup yang serba cepat. Hanya dalam 30 menit, HUAWEI SuperCharge dapat mengisi ulang baterai hingga 85 persen.

Huawei Mate X (Huawei)Huawei Mate X (Huawei)

Menariknya, Huawei Mate X ini berhasil menyabet beragam penghargaan dari berbagai media global. Trusted Reviews memberikan predikat "Best of MWC" untuk Mate X dan MateBook X Pro berkat desainnya yang mengesankan dan kemungkinan untuk integrasi yang sangat kuat. Trusted Reviews menulis: "(Mate X) adalah perangkat cantik dengan desain lipat yang lebih praktis ketimbang Galaxy Fold."

Adapun Phone Arena memberikan pujian tinggi kepada Mate X dengan mengatakan bahwa Huawei sukses menciptakan perangkat revolusioner dan inovatif yang pernah ada. "Smartphone ini dapat menentukan arah masa depan tidak hanya bagi Huawei, tetapi bagi industri smartphone secara umum."

Stuff menyoroti 5 hal yang patut diketahui mengenai Huawei Mate X, seperti: 3 layar, lebih tipis dari yang diduga, konektivitas 5G, baterai besar, dan kamera yang mengesankan. Ketika tidak dilipat, Stuff menyatakan Mate X akan mengingatkan pada iPad Pro. Stuff menganggap Galaxy Fold masih terlihat gemuk sedangkan Mate X sebaliknya.

GSMArena memuji kemampuan SuperCharge pada Mate X yang disebutnya "Smartphone dengan charging tercepat".

Pendapat senada dicetuskan AndroidPIT yang menyatakan belum pernah melihat antusiasme setinggi itu terhadap smartphone di MWC 2019 di Barcelona. Mereka menganggap itu semua adalah buah kerja keras 3 tahun arsitek Huawei untuk menciptakan smartphone lipat itu.

Di MWC 2019, Huawei juga meluncurkan serangkaian produk baru, termasuk HUAWEI MateBook X Pro yang diperbarui, PC notebook mainstream baru HUAWEI MateBook 13 dan HUAWEI MateBook 14, serta HUAWEI 5G CPE Pro.

Huawei juga menegaskan bahwa beragam inovasi teknologi terbaru yang diperkenalkan bakal dibawa dan diterapkan pada semua lini produk termasuk yang akan segera hadir di pasaran Indonesia dalam waktu dekat, Huawei P30 Pro.

    2019-09-11 14:57:53


    Huawei Luncurkan WiFi Q2 Pro