pulsa-logo

Tik Tok Lampaui 1 Miliar Unduhan


Nariswari

Jum'at, 01 Maret 2019 • 10:45

Tik Tok Lampaui 1 Miliar Unduhan


aplikasi Tik Tok di Play Storeaplikasi Tik Tok di Play Store

Selain harus menghadapai hukuman denda di AS, ternyata TikTok punya prestasi yang kinclong. Aplikasi sosial berbasis video itu ternyata telah  mencapai  1 (satu)  miliar unduhan di perangkat  Android dan iOS. Jumlah ini  termasuk versi lite dan variasi aplikasi regional,  tetapi tidak termasuk jumlah unduhan di perangkat  Android di China.

TikTok merupakan aplikasi  berbasis video yang merekam kegiatan  orang-orang yang melakukan kejenakaan, kekonyolan , dari menyinkronkan berbagai gerakan, gerak bibir atau menari jenaka dengan iringan musik atau lagu-lagu populer.

Aplikasi video sosial garapan  ByteDance Beijing yang dirilis bulan September 2016 silam ini telah mencapai tonggak penting  dalam penciptaannya, yakni  dengan melampaui  lebih dari satu miliar unduhan di seluruh dunia, baik di Apple App Store dan Google Play Store. Data yang diterbitkan oleh  Sensor Tower mengungkapkan  bahwa  pengguna  baru Tik Tok mencapai 71,3 juta di seluruh dunia, namun tidak termasuk pengguna Tik Tok di  China.

Tidak heran, Tik Tok mencapai prestasi sebagai:

-    Aplikasi non-game keempat yang paling banyak diunduh pada tahun 2018

-    Aplikasi paling favorit  peringkat ke-tiga secara global dalam hal instalasi di iOS dan Android  selama Januari 2019

-    Aplikasi non-game nomor satu di AS bulan lalu (Januari 2019).


Yang menarik, 25% unduhan TikTok hingga saat ini berasal dari India, dan jumlah pengguna diperkirakan sekitar 250 juta orang. Bulan lalu, 43% pengguna baru berasal dari India, dan jumlah ini  terus merangkak  naik dibandingkan dengan 9,5% pada Januari tahun lalu.

Pangsa pengguna baru aplikasi Tik Tok  di AS juga terus tumbuh dengan signifikan. Adapun di bulan Januari 2019 instalasi Tik Tok mencapai  9% , presentase ini  merangkak naik  dibandingkan dengan 5,6% tahun lalu.

Jika dibandingkan dengan jumlah unduhan Facebook dan Instagram, ternyata Tik Tok masih jauh lebih unggul.  Sebagai perbandingan, aplikasi Facebook  diunduh  sekitar 711 juta kali tahun lalu sementara Instagram hanya mencatat 444 juta unduhan baru. (*)

Sumber