pulsa-logo

HTC Dilaporkan Bakal Melisensikan Mereknya


Nariswari

Selasa, 05 Maret 2019 • 10:35

HTC Dilaporkan Bakal Melisensikan Mereknya


smartphone HTC (ilustrasi)smartphone HTC (ilustrasi)

Beberapa tahun belakangan ini, HTC mengalami masa-masa yang sangat sulit di bisnis smartphone. Setelah berkali-kali gagal dalam penjualan  smartphone andalannya, HTC pun  akhirnya terpaksa “putar otak” untuk mengubah strategi bisnis  mereka. Kini sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa  pabrikan smartphone yang berbasis di Taiwan tersebut  berencana  akan melisensikan mereknya ke perusahaan lain.

Langkah ini sama persis  dengan langkah yang selama ini dilakukan oleh BlackBerry. Dengan langkah tersebut, HTC berharap dapat menghasilkan sedikit keuntungan dalam penjualan smartphone , tanpa mengeluarkan biaya produksi  yang sangat tinggi.

HTC saat ini sedang dalam pembicaraan dengan produsen smartphone yang berbasis di  India yakni Micromax, Lava, dan Karbonn mengenai kemungkinan perjanjian lisensi merek “HTC” tersebut.

Jika kesepakatan telah tercapai, dan kesepakatan ditandatangani oleh HTC dan perusahaan -perusahaan yang dipilih oleh HTC, maka perusahaan tersebut  akan diberikan izin/ lisensi untuk memproduksi smartphone dengan nama atau merek “ HTC”. Dalam tiap penjualan smartphone tersebut, kemudian HTC akan mendaatkan royalti.

Perjanjian kerjasama pada umumnya, pastinya ada syarat-syarat perjanjian tetap antara kedua perusahaan yakni HTC dan mitranya. Namun sayangnya, sejauh ini  belum jelas ketetapan dan  syarat  perjanjian tersebut. Namun kabarnya, kemungkinan besar  HTC masih  akan terus memiliki beberapa  “input” dalam hal perancangan desain  perangkat. Namun, HTC sudah tidak campur tangan untuk masalah internal spesifikasi dan harga banderol.

Bicara soal harga, popularitas smartphone kelas menengah di India memang lebih banyak disukai daripada smartphone premium. Tantangan terberat  yang  harus dihadapi oleh smartphone bermerek “HTC” adalah akan menghadapi persaingan ketat antara Xiaomi, Samsung, dan Oppo yang selama ini merajai segmen menengah.

Mengenai status  kerjasama lisensi HTC dengan beberapa perusahaan tersbeut, belum ada informasi lebih lanjut  tentang lisensi secara internasional. Akan tetapi berkaca pada kesuksesan BlackBerry dalam membangun kerjasama lisensi dengan  mitra-mitranya di beberapa negara,tentu saja akan mendorong HTC untuk membuat langkah yang sama. (*)


Sumber: 1, 2