pulsa-logo

USB 4.0 akan Berkecepatan 40 Gbps dan Mendukung Fast Charging 100W


PULSA

Selasa, 05 Maret 2019 • 16:49

USB 4.0 akan Berkecepatan 40 Gbps dan Mendukung Fast Charging 100W


USB (ilustrasi)USB (ilustrasi)

USB 4.0 memang belum resmi diumumkan. Tapi beberapa fitur sudah mulai terungkap. Ini berkat SB Implementers Forum (USB-IF) yang telah meluncurkan spesifikasi USB 4.0, seperti yang dilaporkan Engadget. Setidaknya diketahui USB 4.0 sangat mirip dengan Thunderbolt 3.

Sementara spesifikasi final belum akan muncul hingga akhir tahun ini. kendati demikian, USB 4 digadang-gadang mendukung kecepatan 40 Gbps dan USB-IF menggunakan Thunderbolt 3 sebagai dasar untuk USB 4.

Intel awalnya mengembangkan antarmuka Thunderbolt dengan Apple pada tahun 2011. Itu seharusnya menjadi antarmuka yang lebih cepat dan lebih fleksibel yang mendukung banyak protokol. Misalnya, Anda dapat menggunakan kabel dan perangkat Thunderbolt untuk menghubungkan layar dan hard drive. Juga dapat membuat daisy-chain periferal, yang dapat berguna untuk kartu grafis eksternal, misalnya.

Dengan Thunderbolt 3, Intel menambahkan dukungan USB 3.1 Gen 2, yang berarti Anda dapat mencolokkan perangkat USB ke port Thunderbolt. Dengan kata lain, port Thunderbolt menjadi port USB dengan kemampuan Thunderbolt. Ini berarti bahwa setiap perangkat USB dapat digunakan dengan port Thunderbolt. Jika Anda menggunakan MacBook Pro, Anda mungkin memanfaatkan fitur itu.

Tetapi perangkat USB yang terhubung ke port Thunderbolt tidak secara langsung akan menjadi perangkat Thunderbolt. Jika Anda memasang hard drive USB 3.0 eksternal di port Thunderbolt, Anda terbatas pada kecepatan USB 3.0.

USB 4.0 akan mendukung kecepatan pengisian daya 100W, kecepatan transfer 40 Gbps dan bandwidth video yang cukup untuk dua layar 4K atau satu layar 5K. USB 4.0 juga akan kompatibel dengan perangkat USB 3.x, 2.x dan 1.x. (*)

Sumber