pulsa-logo

Avast Threat Labs Luncurkan apklab.io


Fauzi

Selasa, 05 Maret 2019 • 20:51

Avast,apklab.io


Ilustrasi, Image: ShutterstockIlustrasi, Image: Shutterstock

Pembesut solusi keamanan siber, Avast,  meluncurkan apklab.io yang merupakan sebuah platform intelijen seluler yang didesain untuk memberikan intelijen terkini bagi para peneliti keamanan Android.

Apklab.io adalah platform pertama yang mengumpulkan dan menyediakan intelijen dari jaringan global Avast yang terdiri dari lebih 145 juta pengguna seluler, untuk membantu para peneliti melawan meningkatnya ancaman malware bagi seluler. Apklab.io menggunakan mesin dengan teknik pembelajaran yang di rancang Avast, yang awalnya digunakan untuk membantu Avast Threat Labs  dalam mencari dan menemukan ancaman bagi pengguna seluler dan kini, Apklab.io tersedia untuk para peneliti external, sehingga mereka dapat  meningkatkan deteksi, penemuan, dan eradikasi dari malware seluler.

Nikolaos Chrysaidos, Kepala Intelejen Ancaman Seluler & Keamanan untuk Avast Threat Labs mengatakan melawan malware seluler pada zaman sekarang yang sudah sangat merajalela konektivitasnya adalah tantangan besar yang tidak dapat di selesaikan oleh hanya satu perusahaan saja.

"Industri memerlukan koordinasi, dimana vendor keamanan dan komunitas keamanan secara luas bersatu dengan misi untuk melawan kejahatan siber, sehinggat rasio cost dan benefit tetap menguntungkan bagi kita bersama, dan untuk itulah kenapa kami membuat ApkLab.io tersedia secara luas," lanjutnya.

Informasi dari apklab.io sudah mengarah pada penemuan dan pengahapusan di lebih dari 130 aplikasi jahat di Google Play dan Store. Contohnya, dalam kasus BankBot Trojan, fitur pelacakan kelompok malware di apklab.io memungkinkan Avast untuk mengidentifikasi dan mendeteksi setiap contoh dari virus yang telah diunggah ke Google Play dalam hitungan jam disetiap kemunculannya.

Avast telah mengembangkan pengklarifikasi dalam waktu nyata yang handal yang memeriksa setiap jenis malware, mengkategorikan like dengan like, dan membuat gambaran yang lebih lengkap dari setiap kelompok malware. Platform ini didesain untuk memberikan analisa yang koheren tentang aliran statis dan dinamis, yang berarti dapat mempelajari perilaku setiap malware saat aktif dan non-aktif. Platform ini pada saat ini mampu menganalisa 20,000 sampel setiap harinya.

Tahun lalu, Avast Threat Labs telah melacak pertumbuhan Adware sebagai kategori malware sebesar 375 persen; dan kini  menjadi lebih dari 52 persen ancaman seluler. Adware agresif adalah malware yang mendorong atau mengecam pengguna perangkat dengan jumlah iklan yang sangat besar. Avast Threat Labs melihat peningkatan sebesar 78 persen tumbuh setiap tahunnya dalam kategori ancaman mobile banking yang mencoba untuk mengelabuhi pengguna untuk memberikan informasi akun banknya dengan berpura pura menjadi aplikasi perbankan yang sah.


Peneliti, analis, dan insiden respons yang profesional semuanya memenuhi syarat untuk mendaftar dan mendapatkan akses ke platform apklab.io – untuk menjaga integritas dari platfom apklab.io, semua aplikasi untuk bergabung ke platform akan ditinjau secara inpidu. Data yang berada di platform berasal dari perangkat yang dilindungi oleh Avast serta pihak ketiga dan partner. Sumber ini menghasilkan sampel file yang dapat diberikan ke platform apklab.io, dan adalah tugas utama apklab.io untuk menilai apakah file tersebut patut dicurigai atau tidak. (Ozi)

Sumber: PR