pulsa-logo

Pelindung Gorilla Glass untuk Layar Lipat akan Tersedia


Nariswari

Rabu, 06 Maret 2019 • 11:09

Pelindung Gorilla Glass untuk Layar Lipat akan Tersedia


Gorilla Glass 6/Corning (ilustrasi)Gorilla Glass 6/Corning (ilustrasi)

Di event Mobile World Congress (MWC) 2019,  kita melihat beberapa merek smartphone global yang telah memperkenalkan  smartphone berdesain  lipat  seperti Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Namun, salah satu tantangan yang masih ada dari ponsel cerdas  berdesain lipat adalah ketahanan layarnya.

Nah, ketahanan layar lipat yang ada saat ini masih semua dilapisi oleh pelapis layar berbahan plastik, yang berarti sangat rentan untuk tergores dan dapat dengan mudah rusak. Kabar baiknya, John Bayne (General Manager Corning) mengkonfirmasi bahwa saat ini Corning sedang mengembangkan kaca pelindung untuk smartphone yang dapat dilipat.

Beliau menekankan bahwa  ada tantangan yang cukup besar dalam penggarapan  kaca pelindung untuk smartphone lipat. Salah satunya adalah memastikan bahwa kaca pelindung tersebut  cukup tipis agar pas dengan smartphone lipat. Sehingga tidak mengganggu saat smartphone dilipat atau ditekuk. Selain itu, Corning juga harus memastikan bahwa kualitas kaca pelindung ini sangat baik.

Menurut informasi yang diberikan oleh John Bayne, kaca pelindung Corning untuk smartphone lipat ini memiliki karakteristik  berbahan kaca ultra-tipis dengan ketebalan 0,1mm dan radius lentur 3 ~ 5mm. Sehingga sangat cocok digunakan pada smartphone lipat, dan masih dapat dikontrol hingga ketebalan 6 ~ 10mm saat smartphone dalam kondisi tertutup/ tidak terbuka.

Sebenarnya, Corning telah merilis kaca pelindung  yang dapat ditekuk, yang disebut dengan Corning Willow Glass.  Akan  tetapi karakteristik Corning Wilow Glass  tidak cocok digunakan di ponsel karena akan merusak layar. (*)

Sumber: 1, 2