pulsa-logo

MediaTek Siapkan Pesaing Snapdragon 855 dengan Chipset 7nm Berteknologi 5G


Nariswari

Jum'at, 08 Maret 2019 • 16:59

MediaTek Siapkan Pesaing Snapdragon 855 dengan Chipset 7nm Berteknologi 5G


ilustrasi (ist)ilustrasi (ist)

Merek processor MediaTek selama ini dikenal sebagai merek SoC yang banyak digunakan pada ponsel menengah dan entry level. Namun dengan “stigma” tersebut tentu saja tidak menghentikan MediaTek  untuk melangkah lebih jauh, dan tetap menggarap portofolio  chipset generasi terbarunya. Sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa MediaTek saat ini sedang menggarap SoC generasi terbaru yang ditujukan untuk smartphone premium.

Chipset baru yang dimaksud  tersebut akan diproduksi sebagai chip 7nm yang  dibekali dengan  konektivitas 5G. SoC ini dijadwalkan untuk rilis dalam tahun ini, namun belum ditetapkan tanggal pasti peluncurannya.  Dan hal yang cukup mencengangkan adalah bahwa processor tersebut akan dibekali kemampuan yang jauh melampaui processor Helio P90.

Hingga saat ini MediaTek masih enggan untuk berbagi informasi terkait nama processor tersebut. Finbarr Moynihan (Vice President Coorporate Marketing & Bussiness MediaTek Amerika dan Eropa), mengatakan bahwa apapaun nama yang akan dipilih oleh MediaTek untuk processor terbarunya kelak, Anda akan lebih banyak fokus ke kemampuannya yang canggih dibandingkan yang telah ditawarkan oleh Helio P90.

MediaTek Helio P90 belum lama diumumkan oleh MediaTek pada bulan Desember tahun lalu, dan memang membidik smartphone premium yang memiliki spesifikasi high-end. Kemungkinan MediaTek memerlukan jeda beberapa waktu sebelum mereka meluncurkan chip high-end generasi terbarunya tersebut.  

Penggarapan SoC terbaru dengan 7nm ini boleh jadi sebagai jawaban Mediatek untuk bersaing dengan Snapdragon 855 dan Kirin 980 yang lebih dulu muncul di pasaran. (*)

Sumber