pulsa-logo

Digugat Soal Paten, Foxconn: Microsoft Pengecut


PULSA

Rabu, 13 Maret 2019 • 13:18

microsoft,foxconn,microsoft vs foxconn,gugatan paten


FoxconnFoxconn

Microsoft menuntut Foxconn atas perjanjian lisensi paten. Hal tersebut lantas saja memicu tanggapan dari pendiri Foxconn, Terry Gou, seperti dilaporkan Nikkei.com (12/3), dengan menuduh Microsoft telah melakukan intimidasi.

Microsoft mengajukan gugatan pada hari Jumat di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik California Utara, menuduh Foxconn, gagal mematuhi perjanjian lisensi paten 2013 untuk membayar royalti, dan membiarkan Deloitte melakukan audit setiap dua tahun.

Gou mencurigai Microsoft ini dilatarbelakani oleh kondisi dimana AS dan Cina hampir mencapai kesepakatan soal sengketa perdagangan yang berlarut-larut.

"Masalah paten antara Microsoft dan klien kami telah berlangsung selama delapan tahun sejak 2011. Mengapa tiba-tiba Microsoft menggugat Foxconn sekarang ini? Saya curiga pihaknya ingin mendapat keuntungan dari negosiasi AS-China, karena ... itu ingin menjadi bagian dari kesepakatan perlindungan kekayaan intelektual, "kata Gou seperti dikutip PULSA dari Nikkei. Gou, pada saat pada konferensi pers di kantor pusat perusahaan di New Taipei City, mengatakan dia bermaksud untuk melawan klaim tersebut.

Masalahnya adalah, Microsoft mengejar pembayaran royalty pada perangkat lunak Android yang digunakan oleh klien Foxconn dari Cina seperti Huawei, Xiaomi, Vivo, serta Nokia. Gou mengatakan target sebenarnya dari tuntutan Microsoft adalah pabrikan Cina yang menggunakan perangkat lunak untuk sistem operasi mereka. Alih-alih menantang raksasa Cina seperti Huawei, Microsoft berusaha menjadikan Foxconn sebagai "kambing hitam" dalam perang dagang, katanya.

"Jika Anda [Microsoft] memiliki keberanian, Anda harus menuntut Huawei. Mengapa menggertak perakit Taiwan? Microsoft adalah seorang pengecut," kata Gou.  Perakitan smartphone Android Foxconn ditangani oleh anak perusahaannya, FIH Mobile yang terdaftar di Hong Kong. Sementara perusahaan induk Foxconn merakit iPhone. (*)