pulsa-logo

Waduh!, 210 Aplikasi Android Ditarik Gara-gara Terinfeksi 'SimBad'


PULSA

Kamis, 14 Maret 2019 • 10:08

virus,virus android,aplikasi jahat,adaware,malware,anti virus,aplikasi virus


ilustrasi (olah gambar: isk/PULSA)ilustrasi (olah gambar: isk/PULSA)

Upaya Google untuk mencegah Play Store terbebas dari malware ternyata masih bisa ditembus. Setidaknya baru-baru ini Google telah menarik 210 aplikasi dari Play Store setelah peneliti Check Point menemukan bahwa mereka terinfeksi oleh jenis adware yang sama.

Dijuluki "SimBad" berdasarkan banyaknya game simulator yang terinfeksi, kode tersebut bersembunyi di platform penayangan iklan palsu dan menciptakan pintu belakang yang dapat memasang aplikasi jahat, mengarahkan pengguna untuk menipu situs web dan menampilkan aplikasi lain di toko. Check Point percaya pengembang aplikasi telah ditipu untuk menggunakan platform.

Sayangnya, ini bukan hanya aplikasi khusus dengan beberapa pengguna. Aplikasi tersebut sudah diunduh hampir 150 juta, dan beberapa di antaranya memiliki lebih dari 1 juta unduhan yang terbesar (Snow Heavy Excavator Simulator) memiliki lebih dari 10 juta.

SimBad mungkin sulit untuk dihentikan dibandingkan dengan beberapa malware lainnya, karena aplikasi merugikan itu membonceng aplikasi yang sah dan berfokus pada penayangan iklan yang bertentangan dengan pencurian data. (*)

Sumber