pulsa-logo

Samsung Siap Akuisisi 3 Perusahaan Teknologi Ini


Nariswari

Kamis, 14 Maret 2019 • 12:52

Samsung,TSMC


IlustrasiIlustrasi

Selain punya bisnis yang sangat kuat di bidang elektronik dan smartphone, Samsung juga memiliki pisi semikonduktor yang sangat besar.

Samsung  membuat produk dari prosesor hingga chip memori dan display dengan spesifikasi yang tinggi. Bahkan Samsung  pernah membuat chip seri 'A' yang didambakan Apple (dan tugas  pemasok chip ini  sekarang diambil alih oleh TSMC). Kini, guna memperkuat bisnis semikonduktornya, Samsung mengakuisisi beberapa perusahaan pemasok komponen semikonduktor.

Dimulai dari  NXP, yang tak lain adalah pemasok komponen semikonduktor yang sangat besar. Jika Anda belum tahu, NXP salah satu produsen semikonduktor terbesar di planet ini. Pemasok semikonduktor  yang berbasis di Belanda ini memiliki pendapatan lebih dari 9 miliar USD per tahun.

Produk semikonduktor ini dikenal untuk co-inventing teknologi NFC. Beberapa waktu yang lalu, Qualcomm sempat mendekati NXP dan berjuang untuk mengakuisisinya tetapi karena beberapa masalah, maka akuisisi  itu dibatalkan. Fakta bahwa Qualcomm sangat  menginginkan NXP, sudah cukup  menggambarkan betapa  besarnya NXP di bisnis semikonduktor.

Tak hanya berhenti dengan rencana mengakuisisi NXP.  Samsung kabarnya juga akan mengakuisisi  Infenion dan Xilinx. Kedua perusahaan ini  juga adalah perusahaan yang berpengaruh besar di pasar semikonduktor.

Dengan mengakuisisi ketiga perusahaan semikonduktor tersebut, Samsung  sangat berharap untuk memperkuat  posisinya di bisnis semikonduktor global.

Samsung sejauh ini telah berhasil memberikan pengaruhnya di bisnis semikonduktor global dalam pembuatan berbagai jenis chip. Jika akuisisi ini terjadi, maka bisnis Samsung akan terus berkembang dari hanya prosesor dan memori ke beragam produk, termasuk jajaran semikonduktor. (Naris/Ozi)


(Sumber)

    2019-11-06 17:58:46


    Apa Itu Samsung DeX