pulsa-logo

Huawei Bakal Pakai OS Sendiri untuk Gantikan Android, Jika...


PULSA

Jum'at, 15 Maret 2019 • 10:00

huawei,OS buatan Huawei,pengganti android,perang dagang


ilustrasi (foto:isk/PULSA)ilustrasi (foto:isk/PULSA)

Sudah sejak lama Huawei dikabarkan bahwa Huawei telah membangun sistem operasinya sendiri. Tapi berkali-kali isu itu dibantah. OS yang kami maksud bukan OS yang ringan yang dijalankan di jam pintar, tetapi OS yang bisa menggantikan Android di smartphone.

Dilaporkan via Ubergizmo, Huawei telah mengkonfirmasi keberadaan sistem operasi besutannya dan memastikan bahwa itu akan menjadi alternatif untuk (menggantikan) Android dalam skenario terburuk. Bila itu terjadi, maka Huawei tidak lagi menggunakan lisensi Android dari Google.

Skenario terburuk kemungkinan akan terkait dengan perang dagang AS-Cina. Misalnya saja soal sanksi oleh Amerika Serikat untuk menggunakan sumber-sumber dari AS. Dan ini pernah dirasakan oleh ZTE yang saat ini sudah pulih kembali.

Konformasi Huawei ini dikutip dari South China Morning Post yang menunjukan bahwa Huawei telah mengembangkan sistem operasinya sendiri untuk smartphone dan komputer. Raksasa teknologi Cina itu berencana untuk menggunakannya jika akses ke Android terputus. OS tersebut telah dikembangkan dengan mengingat ketegangan antara Huawei dan Amerika Serikat dapat memengaruhi ketersediaan Android.

"Kami telah menyiapkan sistem operasi kami sendiri, jika ternyata kami tidak dapat lagi menggunakan sistem ini [Android], kami akan siap dan memiliki rencana B kami," kata bos Huawei Richard Yu Chengdong, seperti dikutip dari Ubergizmo.

Seorang juru bicara perusahaan menambahkan bahwa Huawei tidak berharap untuk menggunakan OS miliknya, "dan jujur, kami tidak ingin menggunakannya." Juru bicara itu juga mengatakan bahwa Huawei sepenuhnya mendukung sistem operasi mitranya, dan bahwa “kami senang menggunakannya dan pelanggan kami senang menggunakannya. Android dan Windows akan selalu menjadi pilihan pertama kami. ”(*)