pulsa-logo

Fitur Baru WhatsApp Ini Memudahkan Mendeteksi Spam dan Kabar Hoax


Nariswari

Senin, 25 Maret 2019 • 18:41

Fitur Baru WhatsApp Ini Memudahkan Mendeteksi Spam dan Kabar Hoax


ilustrasiilustrasi

Seperti dikutip PULSA dari WABetaInfo (via Phonearena), WhatsApp saat  ini sedang menguji sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mendeteksi pesan spam atau berita palsu (hoax).

Fitur baru ini akan memungkinkan pengguna untuk melihat berapa kali pesan telah diteruskan (di-forward). Untuk mendapatkan informasi tentang berapa kali pesan tersebut diteruskan, pengguna perlu meneruskan pesan yang diterima, lalu membuka bagian Info pesan, dan data akan ada di sana. Sebuah pesan yang tertera di sana bertuliskan "Frequently Forwarded" dan memuat berapa kali pesan tersebut sudah tersebar.

Fitur terbaru ini akan hadir di pembaruan beta ke versi 2.19.80, yang mencakup fungsionalitas baru yang memungkinkan pengguna untuk melihat berapa kali pesan yang diterimanya telah diteruskan ke pengguna-pengguna WhatsApp lain.

WhatsApp menambahkan fitur ini adalah sebagai bagian  untuk memerangi hoax dan spam. Sekaligus membantu pengguna dapat mendeteksi sebuah informasi yang disebarkan lewat WhatsApp tersebut apakah suatu pesan murni atau hoax alias "berita palsu".

Aplikasi instant messaging terbesar di dunia yang diakuisisi oleh Facebook pada Oktober 2014 lalu ini memang sedang gencar untuk memerangi berita hoax dan spam yang makin marak di jejaring sosial dan instant messaging. (*)