pulsa-logo

Daftar 5 Aplikasi Antivirus Mumpuni untuk Perangkat Android


Fauzi

Selasa, 26 Maret 2019 • 16:06

Malware,Virus,Android


Ilustrasi, Image: Banking.ocmIlustrasi, Image: Banking.ocm

Program jahat, malware apa pun namanya kini telah mengintai, tidak hanya pengguna PC, tetapi juga pengguna smartphone bersistem operasi Android. Mengingat pengguna Android yang menyentuh angka miliaran pengguna, cukup wajar bila platform ini menjadi target serangan bagi para pelaku kejahatan cyber.

Seiring dengan itu, meski malware di Android mengintai banyak pengguna dan tidak memperlihatkan tanda-tanda adanya penurunan, yang sedikit membuat lega saat ini juga sudah ada beberapa antivirus yang bisa digunakan. Berikut lima antivirus terbaik untuk perangkat Android.

Avast Mobile Security

Nama Avast sudah begitu masyhur sebagai pembesut software keamanan. Pun di perangkat mobile. Untuk kategori ini adalah Avast Mobile Security yang merupakan tools keamanan yang mencakup antivirus utama, fitur proteksi web yang digunakan untuk pemindaian, kemampuan untuk mengupdate pengguna terkait URL berbahaya dan memiliki fitur privasi di samping opsi keamananyang ditingkatkan untuk anti-theft.

Sebagai software kemanan Avast Mobile Security juga memungkinakan pengguna untuk menghapus histori pada perangkat, mengunci smartphone mereka, atau mengaktifkan sirene pada perangkat melalui SMS.

Avast mobile security dirancang untuk memindai aplikasi yang ada dan yang akan datang untuk semua malware. Antivirus ini juga memiliki fitur perlindungan real-time dari perangkat pengguna. Atas kemampuan yang ditawarkan, Avast mobile security masuk sebagai salah satu antivirus terbaik untuk Android.

AVG


Bagi pengguna PC, antivirus AVG mungkin tidak asing lagi didengar. Antivirus yang cukup efektif untuk pengguna computer itu, kini juga tersedia untuk pengguna smartphone dan tablet. Pengguna dapat menginstal aplikasi untuk basic version tanpa memerlukan registrasi dan mengeluarkan biaya.

Setelah selesai di install, AVG akan segera memindai perangkat pengguna untuk mengecek adanya kode kode maupun software berbahaya. Antivirus ini juga memberikan perlindungan real-time bagi pengguna untuk memblok code berbehaya bahkan sebelum dapat dijalankan.

Dengan kemampuannya, AVG merupakan salah satu tool terbaik untuk digunakan sebagai antivirus. Tidak hanya memindai virus, AVG juga memiliki kemampuan untuk menemukan lokasi perangkat saat dicuri atau hilang. Di antara kemampuan lainnya, AVG juga bisa memindai pesan teks dan situs yang dikunjungi pengguna.

Mobile Security & Antivirus by ESET

Antivirus ini sudah digunakan lebih dari 600 ribu pengguna ponsel dan tablet Android. Software keamanan ini juga menyajikan perlindungan real-time bagi penggunanya. Setelah instalasi, aplikasi akan memindai perangkat pengguna untuk mencari malware yang kemungkinan bertengger di perangkat. Menariknya, antivirus ini juga memiliki fitur anti-phishing yang akan mengingatkan pengguna ketika mengakses situs yang berkategori bahaya.

ESET memberikan laporan keamanan secara terperinci, yang akan memberitahu penggun ajika terdapat sesuatu yang mencurigakan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki dua fitur tambahan, seperti Remote Lock dan Remote Siren yang kian memberikan keamanan ekstra untuk perangkat Android penggunanya. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, satu versi gratis sedangkan versi lainnya adalah versi premium yang menawarkan beberapa fitur tambahan lain dengan pemindaian terjadwal dan update otomatis untuk basis data virus.

Comodo Mobile Security

Software antivirus ini bisa dibilang masih tergolong baru. Kendati demikian, soal efektivitasnya software ini terbilang setara dengan yang sudah ada. Comodo Mobile Security tidak hanya dapat memindai dan mendeteksi potensi ancaman, tetapi juga mengkategorikannya, sebagai item yang berbahaya, tertunda, dan aman. Aplikasi akan memberikan konteks tambahan kepada pengguna saat mereka memutuskan langkah selanjutnya. Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk menjadwalkan pemindaian di lain waktu.

Anti-virus Dr. Web Light

Dr. Web telah merilis antivirus untuk perangkat Android yang akan membantu pengguna untuk melindungi perangkat mereka dari virus dan malware. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain mencakup perlindungan yang andal, kecepatan pindai yang tinggi, konfigurasi yang fleksibel, antarmuka yang ramah pengguna, beban system minimum, dan perlindungan dari panggilan masuk dan SMS yang tidak diinginkan. Menariknya, aplikasi ini tersedia secara gratis fi Google Play Store.

Demikian lima aplikasi antivirus untuk Android yang sepertinya bisa menjadi tools untuk memproteksi perangkat Anda dari virus dan malware. Kami tidak bisa menyebut mana yang terbaik dari kelima aplikasi tersebut. Sebab setiap aplikasi tersebut tentu menawarkan kemampuan dan kelebihannya masing-masing. Jadi, silakan Anda tentukan sendiri. (Ozi)

Dari berbagai sumber

    2019-05-31 23:30:09


    BBM Resmi Pamit