pulsa-logo

Apple Luncurkan Arcade, Layanan Game Berlangganan


Nariswari

Selasa, 26 Maret 2019 • 18:04

Apple Luncurkan Arcade, Layanan Game Berlangganan


Layanan Arcade Apple (Ubergizmo)Layanan Arcade Apple (Ubergizmo)

Apple kemarin (25/3) secara resmi mengumumkan “Arcade”. Layanan  “Arcade “ ini akan menawarkan metode berlangganan bagi pengguna untuk bermain game sepuasnya dengan harga berlangganan  tetap setiap bulan, dan tiap  gamer akan dapat mengakses library (pustaka) game.

Menurut Apple, pustaka game ini tidak akan hanya menjadi koleksi game yang sudah ada. Sebagai gantinya, di Arcade, Apple memberikan kebebasan bagi Anda untuk memilih sendiri game-game yang akan masuk ke Arcade, dan Apple juga mengatakan bahwa mereka akan terus  membantu membayar sebagian biaya pengembangan perangkat lunak di Arcade, meskipun seberapa besar kontribusi mereka belum jelas.

Tujuan utama Apple dengan lahirnya Arcade adalah untuk mengisi layanan dengan berbagai konten  game-game baru dan konten eksklusif ke platform Apple. Selain itu, lahirnya Arcade akan  memberikan insentif bagi pengembang dan gamer untuk tiap pembelian game dan  produk-produk Apple. Langkah Apple meluncurkan Arcade  ini juga tampaknya sejalan dengan tujuan Apple untuk menciptakan lebih banyak layanan berbasis langganan (subscribes), dan ini adalah sinyal yang positif bagi para pengembang perangkat lunak dan pengembang game yang ingin bergabung ke Arcade.

Dengan sistem berlangganan,  ini akan  menjamin bahwa setiap bulan para pengembang akan mendapatkan semacam penghasilan, dibandingkan dengan model saat ini di mana jika gamer tidak membeli aplikasi game mereka, maka  pengembang  game tidak akan mendapatkan pendapatan.

Sayangnya sejauh ini belum ada kabar berapa tariff berlangganan Apple Arcade  per bulannya. Akan tetapi diperkirakan layanan ini  akan diluncurkan pada musim gugur 2019 di lebih dari 150 negara. Dan layanan Arcade ini  juga akan dapat dimainkan di perangkat iOS, macOS, dan tvOS. Arcade akan menampilkan lebih dari 100 game-game terbaru dan eksklusif, dengan rilis asli misalnya dari Hironobu Sakaguchi, Ken Wong, Will Wright, dan banyak lagi. Apple mengatakan bahwa mereka akan terus memperkaya, menambah dan memperbarui game-game baru secara berkala.

Perlu Anda ketahui, Apple berkontribusi pada R&D (riset dan  pengembangan) serta bekerja sama dengan pembuat game, tidak hanya  game yang akan menjadi bagian dari Arcade. Antara lain  pengembang game  Annapurna Interactive, Bossa Studios, Cartoon Network, Finji, Giant Squid, Klei Entertainment, Konami, LEGO, Mistwalker Corporation, SEGA, Snowman, Ustwo Game, dan banyak lagi.(*)

Sumber