pulsa-logo

Lenovo Legion Siapkan Strategi Menggeser Dominasi Asus ROG di Kelas Gaming


Aldrin Symu

Selasa, 26 Maret 2019 • 23:35

lenovo legion, lenovo indonesia,


Menurut laporan dari Newszoo bertajuk “Global Games Market Report 2018”, Indonesia menduduki peringkat 20 besar dari segi pendapatan sektor gaming, yaitu sebesar USD 1,130 juta, mengalahkan Thailand di angka USD 692 juta. Pendapatan ini diraih dari besarnya jumlah gamer yang ada di Indonesia, mencapai lebih dari 47 juta gamer. Dari jumlah ini, sebanyak 47% berada di usia 21-35 tahun, yang berarti juga merupakan usia pekerja. Target inilah, yang biasa disebut avid gamer, yang disasar oleh Lenovo dengan produk Legion yang mengalami redesign sejak tahun lalu.

Karenanya, Lenovo hari ini (26/3/19) mengumumkan ketersediaan produk terbaru dari subbrand Legion di pasar Indonesia, Legion Y740. Tetap mengusung motto Stylish on the outside, Savage on the inside (stylish di luar, buas di dalam), produk terbaru Legion ini tampil dengan desain yang elegan, namun tetap memberikan performa terbaik untuk kalangan gamer, dengan grafis dan prosesor terbaru serta display dan audio yang terbaik. Legion Y740 merupakan hasil dari masukan para gamer yang semakin berkembang, yang mementingkan performa. Desain Legion Y740 tetap mempertahankan estetika yang bersih yang tidak terlihat mencolok pada saat pengguna memakainya di kantor atau di tempat umum, namun performanya dirancang untuk menghadapi tantangan teknis paling berat.

Julius Tjhin, Consumer Lead, Lenovo Indonesia mengatakan, “Banyak produk gaming masa kini yang berusaha memukai pelanggan dengan gimmick tertentu dan desain mencolok, tapi Legion selalu mengutamakan performa untuk gaming. Dengan Legion Y740, Lenovo menawarkan keseimbangan antara performa dan penampilan, sehingga gamer dapat menggunakannya bukan hanya untuk bermain game, tapi juga untuk bekerja, bahkan untuk beban kerja berat seperti video editing.”

Saat ditanya strategi dalam sesi tanya jawab, Julius Tjhin bahkan menegaskan siap menggeser dominasi Asus ROG dalam kategori gaming namun dengan grow yang fundamental. Dapat disimpulkan bahwa ada 3 alasan Lenovo Legion dapat mewujudkan hal tersebut. Pertama, Lenovo ingin grow yang fundamental. Maksudnya tidak naik secara dadakan. Ini dibuktikan dengan menjadi Top 2 Gaming Vendor dengan market share yang terus bertumbuh di angka 12%. Dapat disebut Lenovo Legion menjadi ‘Fastest Growing Vendor’ dengan pertumbuhan +11,6% per tahun. Untuk tingkat dunia, berdasarkan data IDC Q3 2018, Lenovo telah mencapai market share sebesar 24,6%. Kedua, Lenovo terus mendengarkan feedback dari customer dan mewujudkan keinginan customer tersebut dalam produk-produk yang dihadirkannya. Ketiga, Lenovo Legion konsisten hadir inovatif dengan terus mendapatkan award tahunanan untuk desain dan produk lebih dari 100.