pulsa-logo

Pakai Ponsel atau Kamera Mirrorless? Ini Tips dan Trik dalam Membidik Momen


Fauzi

Rabu, 27 Maret 2019 • 20:31

kamera ponsel,kamera mirrorless


IlustrasiIlustrasi

Di era digital seperti saat ini, kegiatan memotret sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, khususnya kaum urban.

Selain itu, semakin berkembangnya teknologi menciptakan semakin banyak jenis kamera bermunculan, mulai dari kamera ponsel, kamera mirrorless, hingga kamera profesional lainnya. Sehingga kini semua orang, dengan segala jenis kamera yang dimiliki, tanpa perlu teknik-teknik rumit, dapat menghasilkan foto yang baik dan memiliki makna atau cerita dibaliknya.

Tidak hanya menjadi hobi, fotografi juga merupakan bagian dari pekerjaan, seperti para jurnalis yang dalam liputannya wajib mengabadikan momen atau gambar atas objek yang diliput. Foto menjadi pelengkap utama bagi jurnalis dalam menceritakan kejadian yang mereka lihat melalui pemberitaan. Nah, Ssemakin mendekati puncak 31.3 Elektronik & Digital Sale di tanggal 31 Maret, Shopee, mempersembahkan acara bertajuk Kupas Cerita Dibalik Lensa bersama Shopee dan mengundang aktor Gading Marten dan fotografer Aditya Kuncoro untuk membahas tips dan trik teknik dasar fotografi dalam menghasilkan foto yang berkualitas dan bermakna terlepas dari fasilitas kamera yang dimiliki, baik kamera handphone maupun kamera mirrorless.

Image: PRImage: PR

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee mengatakan, "Di Shopee, penjualan handphone maupun kamera mengalami peningkatan sekitar 4 kali lipat dibandingkan tahun lalu, dimana menunjukkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan fotografi konvensional maupun handphone. Sejalan dengan komitmen kami untuk melayani segala preferensi dan kebutuhan pengguna, serta memberikan pengalaman belanja online terbaik, kampanye 31.3 Elektronik & Digital Sale menghadirkan berbagai pilihan kamera, handphone, dan aksesoris untuk memenuhi bidang fotografi yang berkembang pesat di Indonesia.

Terlepas dari jenis kamera yang digunakan, berikut tips dan trik yang bisa dilakukan dalam menangkap momen:

Gunakan garis pembantu untuk mengimbangkan foto


Merupakan salah satu teknik dasar untuk komposisi di fotografi, atau biasa disebut rules of thirds, dimana layar kamera dibagi oleh garis horizontal dan vertikal menjadi 9 bagian. Letakkan objek foto di perpotongan atau di garis-garis pembagi tersebut untuk membuat foto menjadi lebih seimbang.

Fokus pada satu objek

Tiap ingin mengambil suatu foto, tentukanlah satu hal atau bagian penting yang akan menjadi fokus utama dan sisakan ruang kosong atau open space di sekelilingnya. Hal ini akan membuat penikmat foto dapat melihat mana yang menjadi inti dari foto tersebut.

Jangan takut akan ruang kosong atau open space

Frame foto atau hasil dari suatu foto tidak harus berisi penuh, sebaiknya disediakan ruang kosong untuk bernafas sehingga cerita yang ingin disampaikan melalui foto bisa tersampaikan dengan baik.

Gunakan cahaya alami & coba menangkap momen candid

Cahaya merupakan salah satu bagian penting dari suatu foto. Cahaya alami seperti cahaya matahari bisa menentukan mood foto yang kita ambil, jadi sebisa mungkin carilah dari arah mana cahaya datang. Selain cahaya, mengambil foto secara spontan juga bisa membuat foto terlihat lebih alami dan menarik karena kita bisa melihat ekspresi natural dari objek foto kita.

Jangan takut untuk menyunting foto

Menyunting foto bukanlah hal yang salah! Bila dirasa foto yang diambil kurang memuaskan, kita dapat memperbaiki atau mengedit foto tersebut. Misalnya mengatur brightness atau contrast, cropping maupun menambahkan tone warna, dsb. Tetapi alangkah baiknya apabila dilakukan secara tidak berlebihan sehingga tidak mengubah isi atau konten dari foto tersebut. (Ozi)

Sumber: PR