pulsa-logo

Daftar Smartphone Baru Siap Buru di Harga Rp1,5 Juta Rp3 Juta


Fauzi

Kamis, 28 Maret 2019 • 09:17

Oppo A5s,realme 3


Realme 3, Image: RealmeRealme 3, Image: Realme

Pasar Indonesia kembali semarak dengan kehadiran sejumlah smartphone baru. Hal ini menjadi kabar gembira bagi konsumen , dengan masing-masing vendor menawarkan produknya, tentu membuat konsumen lebih leluasa untuk memilih mana smartphone yang cocok dengan selera.

Nah, guna sedikit berbagi info, pada kesempatan kali ini kami menyajikan sejumlah smartphone yang relatif baru dirilis di Tanah Air untuk rentang harga Rp1,5 juta hingga 3 juta. Bagi Anda yang mungkin sedang mencari smartphone di rentang harga tersebut, semoga tulisan ini bisa menjadi gambaran tentang smartphone apa saja yang bisa menjadi opsi terbaik. Silakan disimak.

Oppo A5s

OPPO A5s resmi melenggang di Indonesia belumlama ini. Dijual seharga Rp1.999.000, perangkat kelas mid-range yang merupakan suksesor dari seri populer A3s ini hadir dengan membawa keunggulan utama kamera belakang ganda 13MP + 2MP, layar waterdrop, sensor pemindai sidik jari cepat, dan kapasitas baterai sebesar 4230 mAh.

Oppo A5s, Image: OppoOppo A5s, Image: Oppo

Tersedia dalam dua pilihan warna bernuansa klasik, yaitu hitam dan merah, konsumen dapat melakukan pemesanan awal OPPO A5s pada tanggal 25-27 Maret 2019 melalui situs daring Akulaku.com. Khusus di sesi pemesanan awal tersebut, pelanggan akan mendapatkan kemudahan skema cicilan dari Akulaku.com dengan uang muka rendah sebesar 30 ribu rupiah dan diskon cicilan sebesar 250 ribu rupiah. Setelahnya, OPPO A5s akan dijual serentak di seluruh OPPO Store Indonesia dan berbagai situs e-dagang Indonesia mulai tanggal 27 Maret 2019.

Dari sisi layar, OPPO A5s hadir dengan sudut pandang lebih luas berkat keberadaan layar waterdrop, sehingga perangkat ini memiliki screen-to-body ratio sebesar 89,35%. Perangkat yang memiliki layar sebesar 6,2 inci ini juga diperkuat dengan kaca Corning Gorilla Glass untuk memberikan perlindungan dari goresan yang lebih baik terhadap perangkat.


Dari segi kamera, OPPO A5s memiliki kamera belakang ganda, yaitu kamera pertama dengan resolusi 13MP dan diafragma F/2.2, serta kamera kedua dengan resolusi 2MP dan diafragma F/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Sementara untuk memenuhi kebutuhan swafoto pengguna, OPPO A5s dilengkapi kamera depan 8MP dengan diafragma F/2.0. OPPO juga membawa fitur AI Beautification 2.0 pada kamera depan tersebut untuk dapat menghasilkan foto yang sesuai dengan karakter pengguna.

Untuk baterai, A5s ditenagai dengan kapasitas baterai sebesar 4230mAh yang dikombinasikan dengan algoritma kecerdasan pintar, sehingga dapat melakukan penghematan konsumsi daya. Kombinasi ini membuat OPPO A5s dapat digunakan lebih lama untuk berselancar di internet, menonton video offline selama 13,5 jam, atau digunakan secara normal dalam waktu 17 jam.

Sementara pada bagian belakang perangkat OPPO A5s, OPPO menyematkan sensor pemindai sidik jari cepat yang dapat menghidupkan perangkat dengan satu sentuhan. Respons sensor sidik jari ini hanya membutuhkan waktu 0,3 detik.

Dari segi prosesor, OPPO A5s hadir dengan prosesor delapan inti Helio P35. Prosesor terbaru ini tidak hanya kencang, namun juga irit daya karena sudah dibuat menggunakan fabrikasi 12 nanometer. Untuk menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih cepat, OPPO A5s juga turut dilengkapi dengan RAM 2 GB yang berpadu dengan sistem operasi ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo.  Sementara untuk penyimpanan, OPPO memberikan ruang penyimpanan sebesar 32 GB yang dapat diperluas hingga 256 GB dengan menggunakan microSD.

Realme 3

Setelah melenggang di India, realme 3 akhirnya mendarat di Indonesia. Perangkat penuh gaya ini ditenagai oleh prosesor AI master MediaTeK Helio P60 dan dilengkapi dengan baterai 4.230 mAh, memberikan penggunanya daya tahan baterai yang kuat di segmennya.

Realme 3, Image: RealmeRealme 3, Image: Realme

Realme 3 dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13MP + 2MP yang dilengkapi dengan mode Nightscape dan Chroma Boost untuk pertama kalinya di kelasnya. realme 3 tersedia dalam tiga varian, 3GB RAM + 32GB ROM, 3GB + 64GB ROM dan 4GB RAM + 64GB ROM dengan layar dewdrop 6.22 nci dan tiga slot SIM + SD card yang dapat diupgrade hingga 256GB.

Untuk memberikan pengalaman produk yang unik dan meningkatkan kenyamanan saat digenggam, realme 3 mengadopsi desain 3D Gradient Unibody Design yang mampu membawa standar tertinggi di antara seri realme dalam hal pengalaman sentuhan dan visual. Melalui proses cetakan injeksi unibodi yang terintegrasi, penutup belakang dan bingkai tengah realme 3 terbentuk dalam satu kesatuan, menghadirkan desain yang seamless dan dapat digenggam dengan nyaman.

Efek gradien pada realme 3 Dynamic Black didasarkan pada skema dua warna hitam-biru yang dihasilkan dari 8 alat penyemprot cat yang dikendalikan untuk melakukan 3 kali proses penyemprotan. Pada saat yang sama, casing unibodi dipanggang sebanyak 3 kali setelah setiap proses penyemprotan dan ditambahkan bubuk mutiara untuk memberikan efek kilau. Skema warna Radiant Blue menawarkan efek visual lain, menggabungkan lapisan reflektif perak ke penutup belakang, kemudian menyemprotkan tinta biru-hijau yang tembus cahaya untuk menciptakan efek warna yang bertingkat.

realme 3 hadir dengan kamera belakang ganda dengan konfigurasi 13MP pada lensa kamera utama dan 2MP pada lensa kamera sekunder dengan ukuran piksel tunggal 1.12um. Kombinasi aperture f / 1.8 dan lensa 5P merupakan peningkatan dalam hal resolusi, toleransi, dan presentasi warna. Dilengkapi dengan AI scenes recognition, kamera pada realme 3 dapat mengenali 16 independent scenes dan 100 kombinasi scenes untuk secara otomatis memilih pengaturan pencahayaan terbaik sehingga mendapatkan dynamic range dan contrast ratio yang lebih baik.

Mode pemotretan juga disesuaikan untuk menghadirkan persepsi gambar keseluruhan yang lebih baik. Misalnya, fitur Nightscape Mode, dengan menggunakan teknologi AI, multi-frame synergy dan anti-shake algorithms, Nighscape dapat meningkatkan kualitas gambar di bawah kondisi pemotretan low light. Mode ini memungkinkan perangkat dapat menangkap detil gambar dan juga secara efektif mengontrol noise untuk meningkatkan kejernihan keseluruhan foto saat memotret dalam kondisi cahaya yang kurang. Selain itu, ada juga fasilitas Chroma Boost Mode yang bisa memenuhi kebutuhan anak-anak muda yang menginginkan efek gambar, warna dan efek yang lebih baik saat memotret, realme 3 juga dilengkapi dengan mode Chroma Boost.

Kamera depan realme 3 telah ditingkatkan dengan membawa resolusi 13MP, kombinasi lensa 5P ber-aperture f / 2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci, dan ukuran piksel tunggal menjadi 1,12um. Kamera depan dilengkapi dengan mode AI Beauty 2.0 yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan efek beauty sesuai preferensi mereka dengan detail warna kulit, mata, dan rambut yang ditingkatkan secara akurat melalui 296 titik identifikasi wajah.

Didukung oleh ColorOS 6.0 terbaru, realme 3 mengadopsi filosofi desain tanpa batas dan menggunakan ruang kosong untuk mengganti garis pemisah demi mengurangi rasa pemisahan visual dan menghadirkan antarmuka yang lebih simpel.

Di Indonesia realme versi 3GB RAM + 32GB ROM dijual dengan harga Rp1.999.000, sementara untuk versi 3GB + 64GB ROM dibanderol Rp2.099.000. Adapun versi tertinggi yang menawarkan 4GB RAM + 64GB ROM dijual Rp2.399.000.

Honor 8A

Honor 8A resmi diluncurkan di Indonesia pada 27 Februari lalu. Ini merupakan smartphone terjangkau Honor di 2019 dengan spek mumpuni. Harga flash sale Honor 8A hanya Rp1.699.000.

Honor 8A hadir dengan desain yang elegan misalnya saja di bagian belakang menggunakan dua texture body yang memudahkan kita menggenggam perangkat. Juga di bagian depan menggunakan layar degan notch kecil yang disebut dewdrop notch (tetesan embun) sehingga menghasilkan layar yang nyaris penuh.

Honor 8A menyangdang layar 5,5 inci HD 1560 x 720 dengan aspek rasio 19.5:9. Di sektor kamera, Honor 8A mengandalkan single kamera sebagai penembak utama dengan sensor 13 MP. Kelebihannya adalah, kamera ini juga dibekali dengan aperture besar F/1.8 yang masih sangat jarang dihadirkan di smartphone kelas low end. Pun, meski menyandang lensa single, kamera ini tetap bisa menghasilkan efek bokeh berkat fitur AI yang menyertainya. Sementara untuk kamera depan, Honor 8A dipersenjatai dengan sensor 8 MP.

Keunggulan kamera depan ini berkat disematkannya fitur semantic image segmentation dan HDR yang mampu meningkatkan kualitas gambar secara dramatis. Dengan Menggagungkan beberapa frame menjadi satu dan memperterang wajah, sehingga terlihat lebih jelas meski berada di lingkungan minim cahaya ataupun cahaya yang terlalu terang.

Kinerja Honor 8A ditopang oleh SoC Helio P35 dengan kecepatan 2,2 GHz  dan proses produksi 12nm. Selebihnya  kinerja Honor 8A disokong oleh Ram 32GB dan penyimpanan 32GB. Perangkat ini juga diklaim cukup lancar untuk memainkan game seperti Mobile Legend, PUBG dan BrawlStar.

Keunggulan Helio P35 yang digunakan pada Honor 8A diantaraya memiliki konfigruasi Octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan maksimum 2,3 GHz dan dikembangkan oleh TSMC dengan menggunakan proses teknologi 12nm yang kekinian. Berkat teknologi proses 12nm ini, membuat Helio P35 lebih bertenaga dan hemat baterai dibandingkan dengan Snapdragon 630 Octa-core yang menggunakan teknologi proses 14nm. Dengan kata lain, performa Helio P35 berada di antara Snapdragon 630 dan Snapdragon 636.

Bahkan chipset ini pun mampu memberikan dukungan efek bokeh yang profesional ketika mengambil foto, Electronic Image Stabilization (EIS), Rolling Shutter Compensation (RSC), Face Unlock menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dan album foto pintar.

Uniknya, sekali lagi, meskipun Honor 8A terbilang murah, perangkat ini memiliki dual slot sim dan 1 slot microSD dedicated. Jadi, buat Anda yang ingin menambah kapasitas memori tak perlu kuatir mengorbankan SIM kedua.

Samsung Galaxy M10

Samsung Electronics Indonesia kembali menghadirkan smartphone baru yang siap untuk memenuhi aspirasi generasi masa kini, Galaxy M10.

Smartphone ini hadir dengan baterai yang tahan lama hingga 24 jam waktu bicara1, prosesor berkinerja prima, tampilan Infinity-V terbaik di kelasnya dan dilengkapi Dual Camera dengan lensa Ultra-Wide untuk memberikan hasil foto memukau bagi pengguna. Konsumen bisa memiliki Galaxy M10 dengan harga Rp 1.699.000 dan mulai dijual 27 Maret 2019 lalu.

Untuk mendukung performa optimal smartphone, Galaxy M10 dilengkapi dengan prosesor Octa-Core Exynos 7870. Sementara dari sisi display, Galaxy M10 hadir dengan layar Infinity-V, resolusi HD berukuran 6,2-inci untuk memastikan pengalaman menonton yang lebih luas, serta telah mendapatkan sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD tanpa batas melalui aplikasi populer.

Dual Camera yang powerful juga merupakan sorotan utama dari seri Galaxy M, terutama bagi generasi masa kini yang senang untuk mengabadikan momen melalui foto dan video. Galaxy M10 dilengkapi dengan Dual Rear Camera serta lensa Ultra-Wide, dengan kamera belakang utama sebesar 13MP dan dapat menghasilkan foto yang tajam dan jernih, bahkan dalam kondisi cahaya minim.

Kamera belakang kedua memiliki fitur lensa Ultra-Wide sebesar 5MP. Lensa Ultra-Wide memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang lebih luas dengan mudah. Hal ini sangat cocok apabila pengguna ingin engabadikan landscape, perkotaan, grup foto, dan lain-lain ketika pengguna ingin mengabadikan banyak hal di dalam satu frame.

Samsung Galaxy M20

Selain Galaxy M10, Samsung juga telah merilis resmi Galaxy M20 untuk pasar Indonesia. Ponsel pertama dari Galaxy M-Series ini hadir dengan baterai berkapasitas besar, prosesor octa-core dengan konfigurasi yang “power efficient” dan layar Infinity-V plus dilengkapi fitur kekinian seperti Dual Camera dengan Ultra-Wide lens.

Samsung Galaxy M20Samsung Galaxy M20

Seri Galaxy M yang pertama kali diperkenalkan di India ini sejatinya hadir dengan rangkaian Galaxy M20 dan M10. Namun, pada kesempatan pertama ini, Samsung baru memperkenalkan varian Galaxy M20 yang memiliki layar Infinity-V dengan resolusi FHD dan ukuran 6,3 inci.

Samsung telah mengemas baterai 5000 mAh yang powerful di Galaxy M20. Fitur fast charging melalui konektifitas USB type-C seperti pada smartphone premium Samsung pun dihadirkan pada Galaxy M20, memastikan pengisian daya 3x lebih cepat dibandingkan pengisian normal.

Galaxy M20 dilengkapi dengan prosesor Octa-Core Exynos 7904 dengan konfigurasi CPU 2X1.8GHz ditambah 6x 1.6GHz untuk multitasking yang lancar dan konsumsi daya yang efisien. Untuk keamanan, Galaxy M20 dilengkapi fitur berbasis biometrik Face Lock dan pemindai sidik jari di sisi belakang.

Samsung Galaxy M20 tersedia dengan dua pilihan warna premium yakni Charcoal Black dan Ocean Blue dengan kapasitas penyimpanan 32GB dan RAM sebesar 3GB serta dukungan untuk memaksimalkan kapasitas eksternal hingga 512GB. Galaxy M20 dapat dibeli melalui platform mitra e-commerce, yaitu Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id dengan harga retail sebesar Rp 2.799.000 di Indonesia.

Redmi Note 7

Redmi Note 7 akhirnya resmi hadir di Indonesia. Ini merupakan perangkat unggulan Redmi di kelas menengah. Sebagai suksesor Redmi Note 6 yang diluncurkan tahun lalu, Redmi Note 7 hadir membawa beberapa perubahan signifikan.

Dari sisi disain, Redmi Note 7 tampil lebih segar. Misalnya saja menggunakan layar dotdrop dengan notch minimalis sehingga tampak layar lebih luas. Selain itu, warna gradasi mendominasi tampilan belakang yang memberi kesan elegan.

Sektor fotografi Redmi Note 7 juga cukup menarik. Menawarkan dua metode pengambilan gambar yakni 12 MP dan 48 MP.  Megapiksel yang lebih besar mampu menangkap gambar lebih banyak tanpa mengurangi kualitas. Sedangkan megapiksel yang lebih kecil 12MP bisa menangkap gambar lebih detail dalam segala kondisi.

Kamera utama Redmi Note 7 menawarkan setup dual kamera di mana kamera kedua memiliki sensor 5 MP untuk mendukung deepfiled atau mode portrait. Sementara kamera depan masih mengandalkan single kamera dengan sensor 13 MP. Baik kamera depan dan berkalang didukung oleh teknologi AI.

Untuk kinerja, Redmi Note 7 menawarkan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Ini karena Redmi Note 7 mengandalkan SoC Snapdragon 660 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB dan ada beberapa pilihan RAM lainnya. Redmi Note 7 dibundel dengan MIUI 10 berbasis Android 9 Pie terbaru.

Baterai Redmi Note 7 masih tetap menggunakan 4000 mAh seperti halnya seri Redmi Note sebelumnya. Tapi kali ini Redmi Note 7 sudah menggunakan USB type C.

Harga Redmi Note 7 varian RAM 3 GB dan 32 GB penyimpanan di Indonesia dibanderol Rp1.999.999 dan varian 4GB/64GB Rp2.599.000.

Huawei Y7 Pro 2019

Memasuki tahun baru 2019 Huawei langsung menggebrak dengan menghadirkan smartphone kelas entry-level terbaru Huawei Y7 Pro 2019. Kehadiran smartphone ini ditujukan bagi anak muda pemberani, penuh semangat, kreatif dan penuh ide. Generasi ini juga tidak suka sesuatu ribet dan rumit. Mereka lebih suka kemudahan, termasuk dalam membeli produk consumer seperti smartphone.

Untuk memenuhi hal itu Huawei menghadirkan Y7 Pro 2019 bersama Lazada. Huawei telah menandatangani nota kesepahaman dengan Lazada untuk memasarkan smartphone ini secara eksklusif. Dengan teknologi Lazada, Huawei Y7 Pro 2019 akan sangat mudah didapatkan.

Meski masuk kategori smartphone kelas entry-level, smartphone ini punya kemampuan tak kalah dengan smartphone yang berada di atasnya. Huawei Y7 Pro 2019 diperkuat dual camera berteknologi artificial intelligence (AI) 13MP+2MP di belakang dan kamera depan 8MP dengan aperture (bukaan lensa) kamera yang besar untuk menghasilkan efek bokeh yang menarik.

Huawei membekali Y7 Pro dengan bentang layar seluas 6,26 inci dengan panel layar terteknologi HD. Selain tampilannya jernih, layar Huawei Y7 Pro 2019 lebih luas dibandingkan pesaing. Desain layar dipercantik dengan kamera Dewdrop di atasnya.

Huawei Y7 Pro dilengkapi baterai berkapasitas 4000mAh yang menjanjikan penggunaan lebih dari sehari untuk sekali recharge, meski dengan penggunaan yang intensif. Ini kapasitas baterai yang biasanya hanya Anda dapatkan dari smartphone Android kelas premium. Smartphone ini juga ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450 octa-core yang berteknologi 14nm untuk menyajikan performa multi-core yang luar biasa tapi dengan penggunaan baterai yang efisien. (Ozi)