pulsa-logo

Redmi Y3 Akan Dirilis sebagai Redmi 7 Pro atau Mi A3 Lite?


Nariswari

Kamis, 28 Maret 2019 • 14:32

Redmi Y3,Redmi 7 Pro,Android 9.0 Pie


IlustrasiIlustrasi

Beberapa hari lalu muncul bocoran informasi terkait Xiaomi Redmi Y3. Ponsel yang akan menjalankan sistem operasi  Android 9.0 Pie ini ternyata akan diluncurkan dengan nama yang berbeda di beberapa negara. Kemungkinan perangkat yang sama akan dijual dengan nama  berbeda yakni ‘Xiaomi Redmi 7 Pro’.

Hal ini pertama kali diketahui dari  temuan informasi yang dilakukan oleh XDA-Developers yang menunjukkan bahwa smartphone terbaru Xiaomi yang belum dirilis ke public, yakni Redmi Y3, ternyata memiliki nomor model yang hampir sama dengan Redmi 7. Akan  tetapi, sebenarnya code name tersebut menunjukkan info kunci dengan pola tertentu. Nomor model Redmi Y3 adalah “M1810F6G” dan name code perangkatnya adalah "onc_global".

Perlu diketahui, Redmi 7 yang sudah dirilis 18 Maret 2019 lalu, memiliki beberapa nomor model antara lain M1810F6LG untuk varian global, M1810F6LI untuk varian India, dan  M1810F6LH yang juga merupakan varian global. Seperti terlihat varian-varian ini semua memiliki tujuh karakter yang agak mirip dengan penamaan nomor model Redmi Y3. Code name untuk ketiga ponsel Redmi 7 masing-masing adalah “onclite”, “onclite_india”, dan “onclite_global_b”.

Adapun "Lite" dalam  penamaannya menunjukkan bahwa  smartphone ini adalah model "onc_global. Jadi,  jika "onclite" adalah Redmi 7, "onc" adalah sebutan untuk Redmi 7 Pro.

Sistem pemberian nama komersial yang berbeda dari perangkat yang sama, sebenarnya sudah sering kali dilakukan oleh banyak vendor smartphone. Tahun lalu, Xiaomi memperkenalkan Redmi 6 Pro yang diperkenalkan di luar pasar Cina sebagai Mi A2 Lite.

Namun belum ada kepastian apakah ini berarti  Xiaomi Redmi Y3 atau nantinya akan disebut sebagai Redmi 7 Pro, juga akan dinamakan sebagai  Android One Mi A3 Lite?  Terkait hal ini, masih belum pasti. Karena tidak ada code name yang disebutkan di atas yang memiliki akhiran "_sprout" yang merupakan ciri dari ponsel Android One.

Ada dua perangkat lain dengan nomor model dan nama kode yang mirip dengan Redmi Y3, satu adalah M1810F6H ("onc_global_b") dan yang lainnya adalah M1810F6I ("onc_india"). Ada juga dua lainnya dengan nomor model yang sama tetapi  belum jelas name code-nya  yakni “M1810F6LE” dan “M1810F6LT”. (Naris/Ozi)


(Sumber)