pulsa-logo

Paten Xiaomi Ini Ungkap Disain Unik Kamera Selfie di Bagian Bawah Layar


Nariswari

Selasa, 02 April 2019 • 13:02

xiaomi,smartphone,smartphone xiaomi,kamera selfie,paten xiaomi


Paten Xiaomi, image courtesy: LetsgodigitalPaten Xiaomi, image courtesy: Letsgodigital

Mengawali  bulan April, memang banyak jebakan April Mop yang bakal Anda temui. Tapi disain unik yang diusung Xiaomi ini bukan salah-satunya. Smartphone dengan kamera selfie ganda yang ditempatkan di bagian notch di bawah layar di sudut kanan dan kiri memang tidak biasa, karena  hampir semua smartphone menempatkan kamera depannya pada bagian atas layar. Namun faktanya adalah demikian, Xiaomi mendaftarkan paten smartphone generasi terbaru  yang memiliki desain  layar berponi (notch) di bagian  bawah layar.

Nah, di bagian notch inilah  fitur dual kamera selfie tersebut ditempatkan. Hal ini pertama kali terungkap dari bocoran paten asli yang Xiaomi untuk World Intellectual Property Organization (WIPO) yang terungkap belum lama ini . Lisensi yang ada di database WIPO dengan nomor registrasi aktual dan kode identifikasi  201830250731.0 tersebut , diarsipkan pada 25 Mei 2018.

Paten Xiaomi, image courtesy: LestgodigitalPaten Xiaomi, image courtesy: Lestgodigital

Skema ini juga mengungkapkan kamera ganda di bagian belakang ponsel dan panel depan tanpa bezel. Namun memang yang sangat  mencolok adalah  pemilihan penempatan dual kamera selfie  yang terlihat  agak ganjil. Terutama jika kita mempertimbangkan  kenyamanan pengguna di saat  berfoto-selfie, karena dikhawatirkan  penempatan  kamera depan di bagian notch bawah layar akan tertutup oleh telapak tangan.

Hal lain yang menarik  dan juga tidak biasa dari  bocoran database WIPO  tersebut adalah bahwa  Xiaomi juga mematenkan dua kamera yang ditempatkan  di sudut atas. Melihat lebih dekat ke daftar, ada  kemungkinan  bahwa  ini adalah  dua varian yang berbeda. Hal ini akan mengingatkan Anda  dengan  Xiaomi Mi Mix atau Huawei P30 Pro.

Namun belum diketahui kapan Xiaomi  akan memproduksi smartphone  berfitur dual kamera selfie  yang ditempatkan  di bagian bawah layar  tersebut. (*)

Sumber: 1,