pulsa-logo

Hands On Huawei P30 Lite, Ini Perbedaan dengan P30 Lainnya


Deni Hardian

Jum'at, 05 April 2019 • 15:24

hands on huawei p30 lite,hands on,huawei p30 lite,beda huawei p30 lite dengan huawei p30 pro,kirin 710,ram 6gb,triple kamera,kamera selfie 32 megapiksel,smartphone android,smartphone huawei,harga huawei p30 lite,pulsa,tabloidpulsa


Setelah mengulas Huawei P30 Pro beberapa hari yang lalu, kali ini giliran Huawei seri P30 Lite yang akan kita ulas. Tak hanya mengulas detail desain dan fitur yang ditawarkan, PULSA akan sedikit membandingkan Huawei P30 Lite dengan Huawei P30 Pro dari sisi desain, fitur dan spesifikasi yang ditanamkan.

Tanpa perlu berpanjang lebar yuuk kita ulas secara detil melalui hands on berikut ini.

Desain

Huawei P30 Lite hadir dengan membawa perubahan yang inovatif dari sisi desain yang ditawarkan. Sekilas smartphone ini memiliki desain yang slim dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar yang memberikan kenyamanan yang lebih baik saat digenggam. Terutama bagi kaum hawa yang memiliki ukuran tangan yang mungil. Huawei P30 Lite memiliki dimensi body 152.9 x 72.7 x 7.4 mm dengan bobot yang mencapai 159 gram. Tampilan desain yang terbilang mungil pada Huawei P30 Lite sangat berbanding jauh dengan P30 Pro yang memiliki dimensi body yang bongsor serta bobot yang jauh lebih berat.

Memiliki tampilan desain yang kekinian, Huawei P30 Lite hadir dengan ukuran layar 6.15 inci dengan resolusi layar FHD+ (1080 x 2312 piksel) yang memberikan kerapatan layar mencapai 415 piksel per inci yang membuat tampilannya tajam dan jernih meski hanya dibekali dengan teknologi layar IPS. Yang membuat perangkat ini cukup menarik adalah jarak tepi body ke layar Huawei P30 Lite mencapai 84.2% yang membuatnya tampil cantik dengan lapisan bezel yang sangat tipis. Sementara itu, Huawei P30 Pro memiliki ukuran layar yang jauh lebih besar dengan dimensi 6.47 inci. Namun untuk resolusi layar yang ditanamkan serupa dengan Huawei P30 Lite yakni Full HD+.



Di bagian atas layar, Huawei menyematkan poni berdesain tetesan air yang menempatkan sensor kamera depan dengan resolusi 32 megapiksel. Sedangkan di bagian bawahnya terdapat port audio 3,5mm, port micro USB Type-C dan lubang speaker. Pada sisi kanan tertanam tombol power yang ditemani dengan tombol volume. Sementara untuk penempatan slot kartu microSD dan slot kartu SIM (Hybrid) terdapat di bagian atas perangkat.

Masuk ke bagian belakang perangkat, Huawei P30 Lite dibekali dengan kover body yang terbuat dari plastik polycarbonate dengan kombinasi warna gradasi 2 warna yang dapat memantulkan cahaya. Kover warna ini juga ditanamkan pada Huawei P30 Pro namun dengan padanan warna yang berbeda. Huawei P30 Lite memiliki padanan warna yang lebih gelap sementara itu, P30 Pro memiliki kombinasi warna yang lebih cerah.

EMUI 9.0.1 berbasis Android 9.0 Pie

Tak jauh berbeda dengan Huawei P30 Pro, Huawei P30 Lite juga sudah dibekali dengan tampilan antarmuka EMUI 9.01 berbasis Android 9.0 Pie. Selain fitur andalan yang dihadirkan oleh Android 9.0 Pie, Huawei juga menambahkan beberapa fitur penting untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya mulai dari gesture, kontrol suara, sistem navigasi yang bisa disesuaikan dengan kebiasaan pengguna, tampilan mode sederhana hingga mode berkendara. Hadir pula yang bisa menggandakan aplikasi sosial media, fitur penghemat daya hingga fitur yang dapat melindungi mata saat digunakan dalam beraktivitas pada kondisi cahaya minim.

3 Kamera dengan Mode yang Bervariasi

Selain memiliki kemiripan pada sisi UI yang ditanamkan, Huawei P30 Lite juga memiliki dukungan 3 kamera belakang yang serupa dengan Huawei P30 Pro. Namun, perbedaan dari sisi fotografi yang ditanamkan, Huawei P30 Pro lebih ditujukan untuk pengguna fotografi profesional dengan lensa kamera yang jauh lebih tinggi dan fitur yang jauh lebih menarik. Sementara itu, P30 Lite mengadopsi teknologi kamera yang sudah banyak digunakan pada perangkat smartphone 3 kamera masa kini. Dimana lensa utama yang memiliki resolusi 24 megapiksel sudah dikombinasikan dengan aperture f/1.8 untuk melakukan penyerapan cahaya ketika dilakukan pengambilan gambar dengan cahaya yang minim. Sementara untuk kamera keduanya yang memiliki resolusi 8 megapiksel ditujukan  untuk mengabadikan momen dengan sudut yang luas (ultra-wide). Dan yang terakhir kamera ketiga yang memiliki resolusi 2 megapiksel untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Untuk kamera selfienya, Huawei P30 Lite memiliki kemiripan dengan kamera depan yang ditanamkan pada Huawei P30 Pro. Dimana kedua smartphone ini sama-sama mengusung kamera depan dengan resolusi 32 megapiksel plus bukaan lensa f/2.0. Tak hanya memiliki resolusi yang besar, kamera selfie yang ditanamkan pada Huawei P30 Lite memiliki dukungan fitur yang menarik mulai dari 3D Qmoji, sticker dengan banyak pilihan serta mode kamera yang lengkap.

Kirin 710 Plus RAM 6GB dan ROM 128GB

Berbeda dengan Huawei P30 Pro, Huawei P30 Lite lebih mempercayakan kinerjanya dengan menyematkan chipset kelas menengah andalan Huawei yakni Kirin 710. Chipset ini sudah digunakan oleh beberapa smartphone keluaran Huawei dan Honor sebelumnya, yakni Huawei Nova 3i dan Honor 8X. Chipset yang tertanam ini sudah teruji kualitasnya dalam mengakomodasi berbagai aktivitas pengguna mulai dari bermain game, fotografi hingga aktivitas multitasking.

Apiknya lagi, chipset yang sudah ditanamkan pada Huawei P30 lite sudah dikombinasikan dengan RAM sebesar 6GB dan memory internal sebesar 128GB. Dengan kapasitas RAM yang ditanamkan, sudah pasti memberikan jaminan perangkat ini untuk dapat digunakan dalam aktivitas apapun. Selain itu, kapasitas memory internal yang besar memberikan keleluasaan pada pengguna untuk menyimpan berbagai file dan data dengan ukuran yang besar.

Berbeda dengan Huawei P30 Pro yang hadir untuk kalangan berbujet tak terbatas, Huawei P30 Lite lebih membidik segmen pasar kelas menengah dengan harga jual yang jauh lebih terjangkau. Seperti diketahui Huawei P30 Series akan memulai debutnya di pasaran pada tanggal 12 April mendatang dengan menggandeng mitra distributor ternama. Soal harga, kami menebak produk ini akan dijual di angka 5 jutaan. Tapi tebakan kami sangat mungkin bisa meleset. Jadi tunggu saja info lebih lengkapnya di berita berikutnya.

 

    2019-11-19 18:45:42


    PULSA EDITORS' CHOICE 2019