pulsa-logo

Hands-on: Samsung Galaxy M10


Fauzi

Senin, 08 April 2019 • 21:57

Samsung Galaxy M10,Galaxy M10


Samsung Galaxy M10Samsung Galaxy M10

Baru-baru ini perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, melepas satu produk baru bertajuk Galaxy M10 ke pasar Indonesia.

Dilego dengan harga di bawah 2 jutaan ini,menawarkan berbagai hal yang cukup menarik. Seperti apa? Simak saja uraian berikut.

Desain

Dari sisi tampilan smartphone ini sudah dikemas dengan sejumlah unsur kekinian. Misalnya, dari sisi layar, meski cukup luas 6.22 inci, dengan rasionya yang 19:9, membuat bodi Galaxy M10 terlihat cukup ramping. Secara keseluruhan, bodi Galaxy M10 hanya memiliki dimensi 155,6 x 75,6 x 7,7 mm. Dengan dimensi yang demikian, smartphone tergolong ramping dan kompak. 

Panel layar dengan rasio ke bodi yang cukup tinggi pada Galaxy M10 dikelilingi area bezel kiri-kanan-atas layar yang sangat tipis. Sementara untuk area bezel yang terletak di bawah layar, meski masih nampak terlihat, tetapi ketebalannya juga sudah berkurang.

Galaxy M10 sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D, ini tentu menambah kesan masih tampilannya. Hanya saja, mengingat harganya yang relatif terjangkau, smartphone diracik dengan bodi berbahan plastik dengan sapuan warna glossy membuatnya cukup licin.

Display


Meski dari sisi harga Galaxy M10 masuk kategori perangkat entry-level, smartphone ini sudah mengusung layar penuh dengan notch di atasnya. Samsung menyebutnya sebagai Infinity-V Display. Infinity-V sendiri sejatinya merupakan sebuah desain notch minimalis berbentuk tetesan air tepat di area tengah sisi atas layar. Meski baru bagi keluarga Samsung Galaxy, namun desain semisal ini sebenarnya sudah lebih dulu dipopulerkan oleh pabrikan lain seperti Oppo dan Vivo.

Dengan ukuran layar mencapai 6,22 inci dan desain layar Infinity-V, sisi depan M20 sangat didominasi oleh area layar dengan rasio 19,5:9. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi ponsel ini di mata calon pengguna yang gemar menikmati konten video lewat layar smarpthone.

Galaxy M10 menyajikan layar dengan ukuran 6.22 inci dengan resolusi 720 x 1520 pixels atau biasa disebut HD+. Dengan kombinasi ukuran layar dan resolusi yang ditawarkan, layar smartphone mampu memancarkan konten dengan kepadatan ~270 ppi.

Sama seperti Galaxy M20, secara default Galaxy M10 menjalankan Android 8.1 (Oreo) yang dipermanis dengan Samsung Experience versi 9.5. Sajian Samsung Experience tampak telah menerima modifikasi khusus untuk mengakomodasi desain notch tetesan embun yang dimiliki Galaxy M10.

Untuk keamanan, selain fitur keamanan biometric berupa Face Recognintion, pada menu Setting > Biometrics and Security juga terdapat fasilitas keamanan lain, antara lain Google Play Protect, Find My Mobile, dan lain-lain. Galaxy M10 juga sudah mengangkut sejumlah aplikasi bawaan yang cukup bermanfaat, seperti Samsung Max, Office Mobile, S LIME, Samsung Note, Samsung Members, dan sebagainya.

Kamera

Soal fitur fotografi, sejatinya antara Galaxy M10 dan Galaxy M20 tidak terlalu banyak berbeda, terutama untuk alat bidik utamanya yang terletak di belakang. Yup, seperti M20, di Galaxy M10 juga sudah tertancap dua sensor kamera masing-masing dengan resolusi 13 MP dengan aperture F/1.9 dan 5 MP yang didukung dengan lensa Ultra Wide untuk menghasilkan foto dengan sudut area pandang lebih luas.

Untuk pilihan mode, Samsung menyediakan opsi Panorama, Pro, beuty, live focus, auto, stickers, dan continuous shot). Berbekal dua sensor kamera, pengguna dimungkinkan untuk mengambil foto bokeh dengan terlebih dahulu mengaktifkan fitur Live Focus.

Smartphone ini datang dengan kamera depan beresolusi 5 MP, berbeda dengan Galaxy M20 yang resolusi kameranya sedikit lebih baik dengan 8 MP. Untuk kamera depan, Galaxy M10 menawarkan 3 pilihan mode, diantaranya Live Focus, Selfie dan Sticker. Fitur Live Focus pada kamera selfie pun masih sama dengan yang terjadi pada kamera utama.

Hardware

Dalam hal ini Galaxy M10 dipersenjatai dengan prosesor octa-core Exynos 7870 yang menawarkan kecepatan 1.6 GHz Cortex-A53. Sementara untuk kinerja grafisnya, Galaxy M10 juga didukung oleh GPU Mali-T830. Masih dari jeroan, Galaxy M10 juga dibekalidengan RAM 2GB dengan memori internal 16 GB yang bisa diperluas via kartu microSD hingga 512 GB.

Adapun di sektor penyuplai daya Galaxy M10 ditopang oleh baterai berkekuatan 3400 mAh. Dengan kapasitas yang sudah relatif besar, sejatinya smartphone ini bisa menemani aktivitas pengguna tanpa sering-sering melakukan pengisian ulang.

Lebih lengkap soal Galaxy M10, simak saja review-nya nanti.