pulsa-logo

Samsung Banjiri Pasar Ponsel Tanah Air dengan 4 Smartphone Terbarunya


Deni Hardian

Selasa, 09 April 2019 • 10:59

ready stock,smartphone android,samsung,oppo,samsung galaxy a50,samsung galaxy a20,samsung galaxy a30,samsung galaxy a10,harga smartphone samsung galaxy,pulsa,tabloipulsa


Ilustrasi: Samsung Galaxy M10Ilustrasi: Samsung Galaxy M10

Setelah kedatangan banyak smartphone baru dengan mengandalkan kamera belakang beresolusi tinggi, pasar ponsel tanah air pada edisi pekan kali ini masih kedatangan banyak smartphone baru. Pada edisi pekan kali ini, setidaknya sudah ada 5 smartphone baru yang bisa dibeli di  pasaran. Yang cukup menarik adalah 4 smartphone diantaranya adalah smartphone besutan Samsung. Padahal pada beberapa edisi sebelumnya, Samsung cukup aktif memasarkan smartphone terbarunya di pasaran mulai dari smartphone kelas bawah hingga smartphone premium dengan  harga jual yang sangat tinggi.

Meskipun menghadirkan 4 smartphone baru dalam waktu yang bersamaan, smartphone ini memiliki segmentasi pasar yang sangat bervariasi dengan harga jual mulai dari 1 jutaan hingga 4 juta rupiah. Uniknya lagi, smartphone Samsung yang baru hadir di pasaran ini memiliki seri yang sama yakni Samsung Galaxy A Series. Diantaranya adalah Samsung Galaxy A10, Galaxy A20, Galaxy A30 dan Galaxy A50, semua smartphone terbaru Samsung ini membawa spesifikasi serta fitur yang sangat menarik dengan menyesuaikan harga yang dipatok.

Selain 4 smartphone baru besutan Samsung, Oppo yang belum lama ini telah menghadirkan smartphone kelas menengah atas terbarunya kali ini menghadirkan smartphone kelas menengah bawah dengan menawarkan tampilan desain yang menarik dibalut dengan kinerja yang mumpuni untuk menggoda para gamers berbujet terbatas. Adalah Oppo A5s yang merupakan suksesor dari Oppo A3s yang sudah cukup lama beredar di pasaran.

Namun, dari kelima smartphone yang hadir di pasaran ini cukup layak untuk dimiliki? Berikut PULSA hadirkan sedikit ulasan mengenai spesifiaksi serta fitur yang ditanamkan pada masing-masing smartphone baru yang tersedia di pasaran.

1. Samsung Galaxy A50

4GB/64GB Rp 4.099.000

6GB/128GB Rp 4.899.000


Smartphone kelas menengah atas terbaru Samsung ini hadir dengan membawa dua versi yang berbeda yakni versi RAM 4GB dengan memory internal 64GB dan versi RAM 6GB dengan memory internal 128GB. Kedua smartphone ini tak hanya dibekali dengan fasilitas fotografi dan kinerja yang mumpuni, namun Galaxy A50 juga sudah dibekali dengan fitur sensor sidik jari yang ditanamkan di bawah layar seperti Vivo V15 Pro. Smartphone yang hadir dengan tampilan desain yang kekinian ini dibekali dengan layar Infinity-U Super-AMOLED 6,4 inci FHD+. Ini berarti tampilannya akan memiliki poni kecil berbentuk U yang merupakan rumah bagi kamera depan dengan kamera selfie beresolusi 25 megapiksel.

Untuk kamera belakang, Samsung Galaxy A50, menggunakan kamera utama 25 megapiksel yang juga menawarkan aperture f / 1.7. Sensor utama ini dipasangkan dengan kamera sudut lebar 8-megapiksel, sehingga memberikan pengguna pilihan untuk menangkap lebih banyak objek dalam satu gambar, dan sensor kedalaman 5 megapiksel khusus yang seharusnya meningkatkan citra bokeh secara signifikan. Sementara untuk dapur pacunya, smartphone ini sudah dibekali dengan chipset Exynos 9610 serta baterai berkapasitas jumbo 4000 mAh.

2. Samsung Galaxy A30

Rp 3.399.000

Tak jauh berbeda dengan Galaxy A50, Samsung Galaxy A30 yang juga membawa lensa Ultra-Wide 123°di sisi belakang. Meski tanpa kamera depth sensor, namun A30 juga ikut membawa fitur Live Focus. Yang menarik, A30 tampil identik dengan A50 pada sektor layar dengan membawa panel SuperAMOLED beresolusi FHD+ seluas 6,4” dan desain Infinity-U. Dan bukan hanya di bagian layar, A30 juga memiliki kemiripan dengan A50 di sektor baterai dengan kapasitas dan fitur pengisian cepat yang identik. Untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy A30 mempercayakan Exynons 7904 yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 4GB dan memory internal 64GB.

Untuk fasilitas fotografinya, Samsung Galaxy A30 hadir dengan dukungan kamera ganda di bagian belakang yang masing-masing memiliki resolusi 16 MP, f/1.7, PDAF + 5 MP, f/2.2, 12mm, (ultrawide). Sementara untuk kamera selfinya adalah 16 megapiksel dengan aperture f/2.0 untuk memanjakan pengguna smartphone yang gemar melakukan aktivitas selfie. Berbeda dengan Samsung Galaxy A50 yang membenamkan sensor sidik jari di bawah layar, Samsung Galaxy A30 hadir dengan sensor sidik jari di bagian belakang. Sementara untuk menopang dayanya sehari-hari, Galaxy A30 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh dengan tambahan fitur fast charging 15W.

3. Samsung Galaxy A20

Rp 2.299.000

Berbeda dengan Samsung Galaxy A30 dan Samsung Galaxy A50, Samsung Galaxy A20 lebih membidik segmen pasar kelas menengah bawah dengan membawa harga jual yang jauh lebih terjangkau. Di bagian layarnya, smartphone ini juga memiliki layar berukuran besar yakni 6.4 inci dengan resolusi HD+ serta tambahan fitur infinity U yang menempatkan kamera depan pada poni berukuran mungil di bagian atas layarnya. Kamera selfie yang tertanam itu memiliki resolusi 8 megapiksel. Tak berbeda dengan Samsung Galaxy A30 dan Samsung Galaxy A50, Samsung Galaxy A20 juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Sementara itu, untuk menopang kinerjanya, Galaxy A20 hadir dengan dukungan chipset Exynos 7884 Octa yang dipadukan dengan RAM 3GB dan memory internal 32GB.

Dari sektor fotografi, perangkat ini hadir dengan dukungan kamera ganda dengan kamera utama yang memiliki resolusi 13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF. Sementara itu, kamera kedua yang tertanam 5 MP, f/2.2 yang mampu menghadirkan hasil kamera dengan sudut yang luas hingga 123 derajat (ultrawide).

4. Samsung Galaxy A10

Rp 1.799.000

Smartphone terakhir yang dipasarkan berbarengan dengan smartphone Samsung lainnya adalah Samsung Galaxy A10. Hadir dengan harga jual hanya 1 jutaan rupiah ini, Samsung Galaxy A10 juga dibekali dengan fitur yang sangat menarik mulai dari layar infinity U berukuran 6.2 inci dengan resolusi layar HD+. Kinerja Samsung Galaxy A10 mengandalkan  chipset Exynos 7884 dipadankan  dengan RAM  2GB, dan penyimpanan memori internal 32GB, serta mendukung perluasan penyimpanan memori hingga 512GB  melalui  kartu MicroSD.  Di departemen fotografi, smartphone ini dibekali dengan satu kamera utama dengan resolusi 13MP  (f/1.9) dan kamera depan dengan resolusi  5MP.  Smartphone ini menerapkan desain  waterdrop notch untuk menempatkan kamera depan. Smartphone yang  menjalankan OS Android v9.0 Pie  dan menampilkan antarmuka One UI ini  ditenagai oleh  baterai berkapasitas daya  3,400mAh.

5. Oppo A5s

Rp 1.999.000

Oppo A5s datang dengan chipset MediaTek  Helio P35 yang dibangun dengan teknologi 12nm yang terdiri dari  processor octa-Core Cortex-A53 dengan clock speed  hingga 2.3GHz dan dukungan  GPU PowerVR GE8320.  Kinerja Oppo A5s  dipasangkan dengan RAM 2GB dan ROM 32GB. Handset ini menawarkan layar IPS LCD berukuran  6,2 inci dengan resolusi 1,520 × 720 piksel dengan desain waterdrop notch yang  jauh lebih kecil dan lebih elegan ditempatkan di bagian atas dibandingkan dengan pendahulunya. Waterdrop notch ini  berfungsi sebagai “rumah”  untuk menempatkan kamera depan dengan resolusi 8MP. Sedangkan di bagian belakangnya, Oppo A5s  dibekali dengan pengaturan kamera ganda yang terdiri dari  kamera utama 13MP dan  kamera sekunder 2MP.

Meskipun menghadirkan beberapa perubahan di Oppo A5s, Oppo memutuskan untuk tetap menggunakan Android versi lama di handset generasi terbarunya tersebut, yakni  OS Android v8.1 Oreo.  Selain itu, menampilkan antarmuka ColorOS 5.5. Handset yang ditenagai  oleh baterai berkapasitas daya cukup besar yakni  4,230mAh. Oppo A5s hadir dalam  varian warna Hitam dan Merah, berbeda dengan Oppo A5  yang memiliki pilihan warna Biru dan Pink.