pulsa-logo

Google dan Huawei Akhirnya Sepakat Bayar Ganti Rugi Pengguna Nexus 6P


PULSA

Jum'at, 12 April 2019 • 11:39

Google dan Huawei Akhirnya Sepakat Bayar Ganti Rugi Pengguna Nexus 6P


Google Nexus (doc. istimewa)Google Nexus (doc. istimewa)

Google dan Huawei dilaporkan telah setuju untuk menyelesaikan gugatan class action dari pengguna Nexus 6P yang kedapatan mengalami masalah bootlooping atau ponsel mati secara tiba-tiba. Putusan pengadilan yang tertunda membuat kedua perusahaan bakal bertanggung jawab menyelesaikan gugatan class action dengan nilai total 9,75 juta dolar AS yang sudah bergulir sejak April 2017, yang mengharuskan mengganti kerugian 400 dolar AS untuk para penggugat yang berpartisipasi.

Gugatan itu menuduh bahwa Google, yang mengontrak desain dan pembuatan smartphone Android pada pihak ketiga, Huawei salah satunya, melanggar garansi perangkat karena Google dituding menyadari masalah ini, tetapi tidak menanggapi bug yang ada pada Nexus 6P. Penggugat juga mengatakan bahwa Google terus menjual perangkat tersebut tapi tidak mengakui masalah ini.

Jika pengadilan menyetujui penyelesaian pada sidang berikutnya pada tanggal 9 Mei, pengguna Nexus 6P di AS yang membeli perangkat pada atau setelah 25 September 2015 akan memenuhi syarat untuk mengklaim ganti rugi.

Proposal saat ini menyatakan bahwa mereka yang memenuhi syarat untuk penyelesaian bisa menerima hingga 400 dolar AS untuk perangkat mereka yang bermasalah, sementara mereka yang menerima Pixel XL dalam program pertukaran garansi sebelumnya hanya akan menerima 10 dolar AS. Mereka yang menyerahkan dokumentasi yang benar mengenai bug tersebut akan menerima penggantian dengan nilai maksimal, sedangkan mereka yang tidak, hanya akan menerima 75 dolar AS.

Ini hanya salah satu dari sedikit gugatan class action terkait Android yang mengakibatkan produsen membayar pemilik perangkat yang bermasalah. LG juga pernah mengalami gugatan class action dengan kasus yang sama terkait dengan perangkat G4, V10, V20, Nexus 5X, dan G5 pada Januari 2018 lalu. (*)

Sumber