pulsa-logo

Balita Ini Bikin iPad Ayahnya Terkunci Selama 48 Tahun


Nariswari

Senin, 15 April 2019 • 18:04

Balita Ini Bikin iPad Ayahnya Terkunci Selama 48 Tahun


ipad Mini (ilustrasi)ipad Mini (ilustrasi)

Jika Anda memiliki balita, sebaiknya perlu ektra waspada saat mereka mulai penasaran memegang smartphone atau tablet Anda. Karena balita yang belum banyak dibekali pengetahuan, akan mendatangkan bencana bagi perangkat pintar Anda. Tidak percaya? Ya, seperti nasib sial yang menimpa  seorang pria bernama Evan Osnos yang mengalami masalah serius ketika iPad miliknya terkunci selama 48 tahun secara tidak sengaja.

Kejadian ini berawal ketika anaknya yang masih balita (berusia 3 tahun) iseng-iseng memencet layar iPad milik bapaknya, dan salah memasukkan password berulang-ulang. Karena Apple membekali fitur pengamanan di iPad, maka iPad akan secara otomatis terkunci untuk jangka waktu tertentu jika ada yang salah memasukkan password berulang-ulang. Fatalnya, si balita itu berkali-kali memasukkan password yang salah. Sehingga jangka waktu penguncian iPad jadi semkin panjang. iPad Evan tersebut terkunci selama 25,536,442 menit (48 tahun) akibat ulah anaknya, iPad itu baru bisa dibuka lagi di 48 tahun kemudian, yakni pada tahun 2067.

Evan yang jengkel, kemudian memposting screenshot tampilan iPadnya ke Twitter dan netizen yang melihat postingan Ivan di Twitter memberikan beragam komentar terkait kejadian tersebut. Sebagian netizen menawarkan saran yang berguna untuk Ivan agar bisa membuka iPad-nya yang terkunci tersebut.

Beruntung, Ivan akhirnya dapat mengatasi situasi pelik tersebut setelah mengubah iPad tersebut ke dalam mode Device Firmware Update. Ada tips untuk membuka iPad model terbaru yang terkunci:

1.    Hubungkan perangkat iPad ke laptop atau PC yang sudah terpasang aplikasi iTunes.

2.    Buka aplikasi iTunes. Sementara iPad tersambung ke laptop atau PC, lakukan restart.

3.    Tekan dan lepas kembali tombol Volume Up, kemudian tekan dan lepas kembali tombol Volume Down.


4.    Setelah itu, tekan dan tahan tombol Top/Atas sampai muncul layar mode Recovery.

5.    Ketika muncul layar mode Recovery, ada pilihan tombol Restore atau Update. Pilih tombol Restore.

6.    Cara tadi khusus untuk iPad dengan fitur Face ID.

7.    Itunes akan langsung mengunduh perangkat lunak di perangkat Anda.

Sedangkan untuk iPad model lama yang masih memiliki tombol Home, cara untuk membuka kunci iPad-nya agak berbeda:

1.    Tekan dan tahan tombol Home dan Top (atau Side) secara bersamaan. Terus tahan sampai muncul layar mode Recovery.

2.    Ketika muncul layar mode Recovery, ada pilihan tombol Restore atau Update. Pilih tombol Restore.

3.    iTunes akan mengunduh perangkat lunak untuk perangkat Anda. Jika prosesnya lebih dari 15 menit, perangkat akan keluar dari mode Recovery dan Anda harus mengulangi langkah dari awal.

Namun perlu Anda ketahui, ketika perangkat berbasis iOS sedang dalam kondisi terkunci, maka semua data akan terhapus. (*)

Sumber: 1, 2