pulsa-logo

Adu Fitur: Vivo V15 vs Oppo F11 Pro vs Samsung Galaxy A50


Deni Hardian

Selasa, 16 April 2019 • 15:01

adu fitur,vivo v15,oppo f11 pro,samsung galaxy a50,komparasi smartphone,kompare smartphone,pulsa,tabloidpulsa


vivo V15 vs Oppo F11 Pro vs Samsung Galaxy A50vivo V15 vs Oppo F11 Pro vs Samsung Galaxy A50

Pasar ponsel Tanah Air sudah banyak kedatangan smartphone dengan fitur premium namun dijual dengan harga yang terjangkau. Beragam fitur mulai dari tampilan desain yang menawan, kinerja yang mumpuni, fotografi berkualitas mumpuni serta daya tahan yang lebih lama dihadirkan para vendor smartphone guna memanjakan konsumen tanah air dalam menikmati pengalaman baru dengan menggunakan perangkat smartphone. Yang menarik, saat ini konsumen sedikit dibingungkan dengan ketersediaan perangkat smartphone yang memiliki varian harga tak jauh berbeda. Terutama di kelas 4 jutaan.

Di segmen ini ada 3 smartphone dari 3 vendor yang berbeda yang sama-sama menawarkan perangkat smartphone dengan fitur premium. Di antaranya adalah vivo V15, Oppo F11 Pro dan Samsung Galaxy A50. Ketiga smartphone ini  menawarkan pengalaman baru dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Namun dari ketiga smartphone yang tersedia, kira-kira produk manakah yang lebih menarik untuk dimiliki? Terutama bagi pengguna yang gemar bermain game, menikmati konten multimedia dan fotografi. Penasaran, simak ulasan adu fitur ketiga smartphone ini.

Desain

Kita mulai dari sisi layar yang ditanamkan, ketiga smartphone ini memiliki ukuran layar yang nyaris tidak jauh berbeda. vivo V15 hadir dengan ukuran layar 6.53 inci, sementara Oppo F11 Pro memiliki layar 6.5 inci dan Samsung Galaxy A50 hanya memiliki layar berukuran 6.4 inci. Ketiga smartphone ini sama-sama memiliki resolusi layar FHD+. Namun jika ditelusuri lebih dalam, ukuran layar yang tertanam pada vivo V15 memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan kedua smartphone lainnya. Dengan ukuran layar yang lebih luas tentunya memberikan pengalaman yang lebih baik saat vivo V15 digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti streaming video, bermain game hingga aktivitas multitasking.

Nilai lebih yang tertanam pada vivo adalah inovasi layar yang ditanamkan yakni Ultimate All Screen dimana perangkat ini tak hanya memiliki layar yang lebih luas namun layar yang tertanam tidak diganggu dengan hadirnya poni seperti yang tertanam pada Samsung Galaxy A50. Tak hanya itu, layar yang tertanam pada vivo V15 juga memiliki jarak tepi ke layar yang lebih luas dibandingkan Oppo F11 Pro dan Samsung Galaxy A50. vivo V15 memiliki jarak tepi ke layar mencapai 90.95% yang membuatnya semakin memberikan kenyaman yang lebih baik dibandingkan dengan kedua smarpthone lainnya. Apiknya lagi, layar vivo V15 nyaris tanpa lapisa bezel yang membuatnya tampak lebih luas dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50 yang memiliki persentase jarak tepi ke layar yang mencapai 85.24%.


Hadirnya poni pada Samsung Galaxy A50 yang menempatkan kamera depan membuat layar terpotong saat digunakan bermain game, streaming ataupun aktivitas multitasking.

Kamera

Kamera selfie menjadi andalan Vivo dalam menaklukan pasar ponsel tanah air dengan inovasi teknologi yang ditanamkannya. vivo V15 menjadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi Pop-Up kamera dengan resolusi tertinggi yakni 32 megapiksel. Sementara itu, Oppo yang juga mengekor inovasi teknologi hanya dibekali dengan kamera depan beresolusi 16 megapiksel. Sementara itu, Samsung yang masih menggunakan poni pada bagian atas layar untuk menempatkan kamera depannya memiliki kamera depan dengan resolusi 25 megapiksel.

Kemampuan Pop-Up kamera depan pada vivo V15 ini sudah teruji dengan mampu digunakan hingga 5 tahun atau 50 ribu kali aktivitas selfie dengan asumsi pengguna melakukan foto selfie selama 30 kali perhari. Selain itu, Pop-Up kamera ini mampu menahan beban hingga 15 kilogram yang memberikan jaminan kualitas yang tahan banting dan tentunya memberikan kenyamanan kepada pengguna dalam menemani aktivitas selfie tanpa perlu takut rusak.

Dibandingkan dengan kamera depan yang tertanam pada Samsung Galaxy A50 dan Oppo F11 Pro, kamera depan yang ditanamkan pada vivo V15 yang memiliki resolusi kamera yang lebih besar juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang memanjakan pengguna mulai dari AI Night Mode, AI Super Wide-Angle, AI Body Shaping, AI Scene Recognition, AI Portrait Framing, AI Portrait Mode, AI Selfie Lighting, dan AI Face Beauty. Yang sangat menggoda kaum hawa adalah hadirnya fitur baru yakni AI Body Shaping dimana pengguna dalam membuat foto selfie dengan ukuran body yang lebih proporsional dan langsing.  

Sementara untuk kamera depannya, vivo V15 dan Samsung Galaxy A50 sudah dibekali dengan 3 kamera belakang. Sementara itu, Oppo F11 Pro hanya dibekali dengan 2 kamera belakang dengan kamera tambahan yang difokuskan untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh. Dibandingkan dengan Oppo F11 Pro, kamera belakang yang tertanam pada vivo V15 jauh lebih menarik dengan perbedaan jumlah lensa yang ditanamkan. Lensa tambahan yang tertanam pada vivo V15 tak  hanya menghasilkan foto dengan efek bokeh namun juga menghasilkan efek foto dengan sudut pandang yang luas hingga 120 derajat.

Meskipun kamera utama yang tertanam pada belakang vivo V15 lebih kecil dibandingkan dengan Oppo F11 dan Samsung Galaxy A50, namun kamera utama yang tertanam pada vivo V15 telah dibekali dengan teknologi Dual-pixel yang mampu menghasilkan hasil foto dengan kualitas yang tak jauh berbeda dengan Oppo F11 Pro dan Samsung Galaxy A50. Untuk fitur pendukungnya, kamera belakang yang tertanam vivo V15 juga lebih variatif dibandingkan dengan Oppo F11 Pro dan Samsung Galaxy A50. Kamera belakang vivo V15 juga memiliki kemampuan untuk merubah tampilan objek foto menjadi lebih ramping berkat fitur yang ditanamkannya. Selain itu, kemampuan foto low-light yang dimilikinya tampil mumpuni dengan dukungan fitur AI Night Mode yang ditanamkan.

Kinerja

KinerjaKinerja

Dari sisi kinerja, vivo V15 dan Oppo F11 Pro memiliki kesamaan pada sisi chipset yang ditanamkan, RAM, memory internal hingga kapasitas baterai yang ditanamkan. Namun, jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50, vivo V15 memiliki beberapa keunggulan yang lebih baik dalam mengakomodasi semua aktivitas pengguna. Seperti diketahui, vivo V15 hadir dengan dukungan chipset Mediatek Helio P70 yang memberikan kinerja yang  prima saat digunakan dalam beraktivitas yang biasa digunakan oleh pengguna mulai dari bermain game, streaming hingga aktivitas multitasking.

Tak hanya itu, kapasitas RAM yang dibenamkan pada vivo V15 juga jauh lebih besar dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50. vivo V15 sudah dibekali dengan RAM 6GB sementara itu Samsung Galaxy A50 hanya dibekali dengan RAM 4GB. Besaran RAM yang ditanamkan berpengaruh pada aktivitas yang biasa dilakukan oleh pengguna. Selain itu, vivo V15 telah menyediakan slot kartu microSD yang terpisah dari slot kartu SIM dimana pengguna bisa menambahkan besaran media simpan data hingga 256GB.

Faktor penting lainnya yang mempengaruhi aktivitas pengguna adalah kapasitas baterai yang ditanamkan. vivo V15 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang dikombinasikan dengan fitur Dual-Engine Fast Charging dimana fitur ini memberikan kecepatan dua kali lipat saat melakukan pengisian daya baterai. Alhasil waktu yang dibutuhkan menjadi lebih cepat. Tak hanya memberikan kecepatan dalam proses pengisian daya, proses pengisian daya ini juga telah dibekali dengan 9 lapis perlindungan yang memberikan perlindungan pada perangkat smartphone saat melakukan pengisian daya.  

Fitur Tambahan

Dibandingkan dengan kedua smartphone lainnya, vivo V15 secara khusus telah menyematkan tombol khusus atau disebut sebagai Smart Button dimana tombol ini dapat menghubungkan secara langsung ke AI Jovi Recognizer dan Google Assistant. Dengan AI Jovi Recognizer yang tertanam pengguna dapat mengetahui beragam informasi hanya dengan menekan tombol dan memberikan isyarat suara untuk mendapatkan informasi tertentu. Seperti skor pertandingan sepak bola, mencari lokasi tertentu, perbandingan harga transportasi, informasi cuaca dan suhu udara ketika ingin bertamasya ke daerah tertentu. Yang menarik Jovi dapat mencari informasi tertentu hanya dengan menggunakan kamera yang ditanamkan.

 

Selain tombol khusus yang ditambahkan, vivo V15 juga memiliki fitur penting lain yang bisa memaksimalkan pengguna dalam beraktivitas. Diantaranya adalah Ultra Game Mode (latest software version 1.11.7), fitur ini memberikan kenyamanan yang lebih baik saat pengguna bermain game online yang tidak ingin diganggu oleh notifikasi-notifikasi yang menggangu. Selain itu, Ultra Game Mode ini juga telah dikombinasikan dengan fitur Dual-Turbo dan Competition Mode dimana kedua fitur ini mampu meningkatkan kinerja grafis pada vivo V15 untuk menghasilkan grafis yang lebih prima saat digunakan bermain game.

Tertanam pula Game Cube dimana fitur ini berfungsi sebagai pusat kontrol. Yang menarik fitur ini tak hanya bisa digunakan saat bermain game namun bisa digunakan pada aplikasi sosial media.

Kesimpulan

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki oleh vivo V15, konsumen bisa mendapatkan perangkat ini hanya dengan Rp 4.399.000. Sedikit lebih mahal dari Samsung Galaxy A50 yang dijual dengan harga Rp 4.099.000., namun dengan fitur yang ditawarkan vivo lebih memberikan penawaran yang jauh lebih menarik. Sementara itu, Oppo F11 Pro dijual dengan harga yang jauh lebih mahal yakni Rp 4.999.000. Dengan harga yang  jauh lebih murah, konsumen sudah mendapatkan perangkat smartphone dengan desain yang menawan, kinerja yang mumpuni serta fitur fotografi yang menggoda. Sehingga bisa dikatakan lebih worth-it jika memilih vivo V15.