pulsa-logo

Ada Kesalahan Sistem, Jutaan Password Instagram Bisa Diintip "Orang Dalam"


PULSA

Selasa, 23 April 2019 • 18:04

keamanan instagram,facebook,password instagram


ilustrasi (doc.PULSA0ilustrasi (doc.PULSA0

Facebook telah melaporkan kesalahan keamanan bulan lalu di mana pihaknya mengklaim bahwa “puluhan ribu” password pengguna Instagram disimpan dalam teks biasa dan orang-orang tertentu yang memiliki akses ke sistem internal bisa melihatnya. Lalu, seperti dkabarkan Ubergizmo, Facebook diam-diam telah merevisi angka tersebut. Sekarang dikatakan bahwa "jutaan" password pengguna Instagram disamping itu juga ada "ratusan juta pengguna Facebook Lite" dan "puluhan juta pengguna Facebook lainnya."

Kata sandi biasanya disimpan dalam format terenkripsi yang memungkinkan situs web untuk mengonfirmasi bahwa kata sandi yang akurat telah dimasukkan tanpa benar-benar membacanya. Namun, berbagai kesalahan dalam sistem Facebook menyebabkan mereka menyimpan kata sandi dalam teks biasa sejak 2012.

Perusahaan telah mengatakan pada Maret lalu bahwa mereka telah mengatasi masalah ini. Kata sandi yang disimpan dalam teks biasa di server Facebook dapat diakses oleh lebih dari 20.000 karyawan. Facebook mengatakan bahwa mereka telah menyelidiki akses ke kata sandi dan menemukan "tidak ada bukti pelecehan atau penyalahgunaan."

Beruntungnya, tidak ada kata sandi yang diekspos keluar. "Masalah ini sudah banyak dilaporkan, tetapi kami ingin meyakinkan bahwa kami hanya mengetahui ada ada berapa banyak kata sandi yang disimpan dengan cara ini," kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan. (*)