pulsa-logo

LG Stop Produksi Smartphone di Korea Selatan


Nariswari

Kamis, 25 April 2019 • 13:36

LG,Smartphone


Ilustrasi: Logo LGIlustrasi: Logo LG

Pasca memutuskan keluar dari pasar Cina, lantaran tidak dapat mengimbangi persaingan yang ketat, kini LG dikabarkan akan menghentikan produksi smartphone di Korea Selatan.

Menurut kabar yang berasal dari Kantor Berita Korea Selatan Yonhap, LG disebutkan bakal menghentikan semua produksi dan pembuatan smartphone di negara asalnya, Korea Selatan. Ke depannya, LG akan memindahkan proses produksi smartphone mereka ke pabriknya yang berlokasi di Vietnam.

Berdasarkan informasi tersebut LG juga dikatakan perlu mengurangi biaya produksi yang membuatnya sangat penting bagi pabriknya untuk pindah dari Korea Selatan. Meskipun informasi ini belum perifikasi secara resmi oleh LG, namun sebenarnya tidak mengherankan jika perusahaan mengambil langkah ini.

Selama beberapa kuartal, LG secara konsisten membukukan kerugian di bisnis smartphone. LG telah gagal untuk dapat bersaing dengan brand smartphone premium seperti Apple dan Samsung. Sedangkan di pasar menengah dan entry level, LG juga mengalami kesulitan untuk bersaing dengan brand yang lebih populer dan  lebih diterima pasar seperti Xiaomi, Huawei, dan tentu saja  pasar entry level  lebih banyak didominasi oleh vendor asal Cina.

Lalu ini pertanda apa? Apakah LG memang perlahan akan mundur dan menyerah dari bisnis smartphone?

Nampaknya sejauh ini LG masih berupaya untuk tetap bangkit dan bertahan di bisnis smartphone. Namun bukan hal mudah. Untuk menjadikan LG bangkit kembali di bisnis smartphone, perlu beberapa strategi teknis. Seperti yang terjadi di Cina, LG mungkin harus mempertimbangkan untuk keluar dari pasar Negara itu dan  merangkul  lebih banyak pasar yang kemungkinan akan lebih menguntungkan. (Naris/Ozi)

(Sumber)