pulsa-logo

Mantap, Sensor Sidik Jari di Layar LCD Berhasil Dikembangkan


Fauzi

Jum'at, 26 April 2019 • 14:25

Layar LCD,OLED,Sidik Jari di Layar


Image: Fortsense via CNBetaImage: Fortsense via CNBeta

Fitur apik pemindai sidik jari di layar sudah banyak diadopsi, tidak hanya di smartphone flagship, fitur ini juga mulai ditawarkan di perangkat kelas menengah. Tentunya, smartphone berfitur demikian biasanya datang dengan layar berjenis OLED. Lalu, bagaimana dengan jenis layar LCD yang biasanya digunakan di smartphone kebanyakan? Berikut ada kabar menarik tentangnya.

Tidak seperti display OLED, panel LCD secara alami tidak memiliki kemampuan untuk mentransmisikan cahaya untuk ‘merekam’ sidik jari.

Nah, setelah upaya terus-menerus dilakukan oleh produsen, kini terobosan besar telah dicapai terkait solusi sensor sidik jari di layar berjenis LCD. Fortsense telah mengumumkan bahwa pihaknya telah berhasil mengembangkan sensor sidik jari di layar untuk panel LCD.

Tim R&D dari R&S mengklaim bahwa pihaknya telah merevisi dan meningkatkan skema jalur optic sidik jari melalui modifikasi dan perbaikan terus-menerus dari panel LCD backlight. Hal ini mengakhiri masalah yang berkaitan dengan efek pada display, efek pencitraan sidik jari, dan masalah yang berkaitan lainnya.

Selanjutnya, perusahaan tampaknya telah mengadopsi pendekatan berbasis algoritma, yakni dengan menggunakan algoritma jaringan saraf untuk optimasi dan pengenalan sidik jari dengan cepat pada panel LCD. Menurut biro riset tersebut, tingkat pengenalan sidik jari sebanding dengan sensor sidik jari tradisional.

Walhasil, upaya dilakukan tim riset R&S merupakan terobosan besar, lantaran panel LCD jauh lebih murah daripada panel OLED. Sehingga apabila sensor sidik jari di panel OLED bisa bekerja dengan baik, kita bisa berharap kelak aka nada smartphone bebanderol terjangkau yang datang dengan sensor sidik jari di layar. So, kita tunggu saja. (Ozi)

Sumber: 1, 2


 

    2019-04-04 21:17:29


    Ini Dia Galaxy Tab Terbaru