pulsa-logo

Sony RX0 ll, Kamera Tangguh Premium Termungil di Dunia Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harganya


Anwar Aburizal

Jum'at, 26 April 2019 • 21:00

Sony meluncurkan RX0 II, Go Pro Killer, Sony Action Cam, Ultra Compact Premium Cam.


Ki-Ka: Vincent Raditya, Kazuteru Makiyama, Andi Garcia (J West Bros)Ki-Ka: Vincent Raditya, Kazuteru Makiyama, Andi Garcia (J West Bros)

Setelah diluncurkan di Singapura bulan lalu, hari ini (26/4) Sony meluncurkan produk terbarunya dari seri Cyber-Shot, yakni RX0 ll. Dibanding pendahulunya kamera ini membawa inovasi layar preview LCD yang dapat ditekuk hingga 180 derajat ke atas sehingga memudahkan pengguna dalam perekaman vlog (video blog) ataupun selfie. Layar ini juga bisa dilipat sampai dengan 90 derajat ke bawah.

Selain itu kamera ini juga membawa kemampuan perekaman video internal 4K serta fitur stabilizer yang telah diperbarui dari generasi sebelumnya. Seperti halnya RX0 seri pertama, kamera ini juga didesain tangguh dengan kemampuan tahan air hingga kedalaman (10 meter), anti debu, anti guncangan dari ketinggian hingga 2 meter) dan tahan tekanan (hingga 200Kg).

RX0 ll dibekali sensor gambar 15.3 MP 1.0-type Exmor RS CMOS yang dipadukan dengan lensa Wide Angle ZEISS Tessar T* 24mm F4.0 yang dapat menangkap fokus dengan jarak minimun hingga 20cm serta image processing engine BIONZ X besutan Sony yang membawa teknologi terkini.

Kombinasi sensor, lensa dan engine yang canggih ini memungkinkan kamera ini untuk mereproduksi warna dengan lebih baik  dan merpresentasikan warna kulit objek dengan lebih natural. Hal ini juga membuat kamera mungil yang tangguh ini memiliki pilihan sensitivitas yang luas dengan jangkauan ISO 80 hingga 12800.

Sony RX0 II (foto: PULSA)Sony RX0 II (foto: PULSA)

Kemampuan Videografi

Untuk urusan videografi, kamera ini mampu merekam video 4K/30p langsung ke kartu memori (internal video recording). Kamera ini juga dibekali prot microphone jack yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan mic tambahan utnuk kualitas suara yang jauh lebih baik.


RX0 II membawa kemapuan stabilisasi yang diberi nama in-body electronic stabilization, dan yang menarik kamera juga menyimpan informasi pergerakan kamera selama perekaman video, dan dengan bantuan aplikasi buatan Sony bernama “Movie Edit Add-On” yang bisa ditambahkan ke ponsel, informasi gerakan kamera yang tersimpan sebelumnya akan digunakan untuk meningkatkan stabilisasi video, sehingga pada hasil akhirnya, video yang direkam oleh RX0 II akan terlihat semulus menggunakan gimbal (stabilizer tambahan).

RX0 II juga memiliki fitur perekaman 1,000-fps untuk slow-motion, 4K HDMI outputdan dukungan S-Log2 untuk fleksibilitas dalam proseso video editing.

Kazuteru Makiyama, President Director PT. Sony Indonesia (foto: PULSA)Kazuteru Makiyama, President Director PT. Sony Indonesia (foto: PULSA)

Kemampuan Fotografi

Meski mengedepankan sektor videografi untuk melayani vlog enthusiast, namun kemampuan fotografi RX0 II tidak bisa diremehkan, selain kombinasi sensor, lensa dan engine yang disebutkan sebelumnya mampu menghasilkan gambar berkualitas, kamera ini juga membawa sejumlah fitur mumpuni, seperti anti-distortion shutter dengan kecepatan hingga 1/32000 detik dan fitur burst yang sanggup menangkap 16 frame per detik.

Ada juga fitur Soft Skin Effect yang dapat diaplikasikan guna menutupi ketidaksempurnaan kecil pada warna kulit dan keriput dengan tetap terlihat natural. Fitur andalan kamera Sony, Eye AF (auto-focus) juga tersedia di RX0 II.

Harga dan Ketersediaan

Sony RX0 II mulai bisa dipesan lewat proses pre-order yang dimulai besok (27/4) hingga 12 Mei 2019. Dengan melakukan pre-order, pengguna bisa mendapatkan asesoris GP-VPT1 shooting grip senilai Rp. 1.499.000 secara gratis.

Kamera ini dibanderol seharga Rp.9.999.000,- dan setelah periode pre-order berakhir, RX0 II akan tersedia di pasar pada akhir Mei mendatang.

RX0 II UnderwaterRX0 II Underwater