pulsa-logo

Hari Ini Smartphone 5G Oppo, Xiaomi dan Huawei Debut di Eropa


Nariswari

Kamis, 02 Mei 2019 • 15:17

Smartphone 5G Oppo, Xiaomi dan Huawei Debut di Eropa,xiaomi mi mix 3 5G,Oppo Reno 10X,huawei Mate 20X 5G


ilustrasi (image: GSMA)ilustrasi (image: GSMA)

Lajunya teknologi, mendorong perkembangan konektivitas 5G di berbagai Negara sejalan dengan upaya pabrikan smartphone meluncurkan produk terbarunya dengan dukungan konektivitas 5G. Nah, tidak lama lagi beberapa vendor diketahui akan meluncurkan smartphone dengan dukungan 5G di Swiss.  

Peluncuran beberapa smartphone 5G  tersebut, bisa terlaksana berkat dukungan operator Swiss Sunrise yang mendukung jaringan 5G. Pada hari Selasa (30/4) Swiss Sunrise mengumumkan bahwa mereka akan mulai menawarkan tiga smartphone 5G yang berasal dari  tiga vendor smartphone Cina mulai minggu ini.

Operator Swiss tersebut menyebutkan bahwa  penjualan Oppo Reno 5G dimulai 1 Mei 2019, sementara Huawei Mate 20 X (5G) dan Xiaomi Mi Mix 3 (5G) keduanya akan mulai dijual pada hari ini, Kamis 2 Mei 2019.

Oppo baru-baru ini mengumumkan smartphone terbarunya yakni Oppo Reno 10X di Zurich sebagai bagian dari kemitraan Oppo dengan  Swisscom. Swisscom adalah operator pertama yang meluncurkan  dukungan jaringan  5G, dan merilis varian 5G dari Oppo Reno 10X yang dilengkapi dengan ROM 256GB , kamera 10X zoom, dan RAM 8GB. Smartphone ini ditenagai  baterai berkapasitas  4,065 mAh, dan dibanderol dengan harga USD$ 980 (setara Rp. ) dan  handset  ini  akan tersedia luas, baik secara online maupun di toko-toko fisik Oppo di Eropa.

Selanjutnya adalah Huawei Mate 20 X 5G. Sebenarnya smartphone  ini adalah varian yang terbesar (secara harfiah) dari seri Mate 20 yang pertama kali diluncurkan bulan Oktober 2018 lalu di London. Nah, smartphone lainnya adalah Xiaomi Mi Mix 3 (5G). Xiaomi pertama kali mengumumkan  Xiaomi Mi Mix 3 (5G) pada bulan Februari 2019 pada saat konferensi Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona. Ini adalah smartphone perdana Xiaomi yang  diotaki oleh Snapdragon 855 yang mendukung modem Qualcomm X50 5G. Xiaomi mengumumkan kerangka waktu peluncuran smartphone 5G-nya adalah di bulan Mei 2019. Adapun harga, Xiaomi Mi Mix 3 (5G)  adalah  USD$ 831 (setara dengan Rp.), dan smartphone  ini adalah yang termurah dari ponsel 5G lainnya.

Sebagai catatan, ketiga merek smartphone ini telah mengumumkan kemitraan dengan berbagai operator di seluruh Uni Eropa termasuk Three, Oranye, Telefonica, TIM, Vodafone, dan Swiss Sunrise. Dan operator-operator  tersebutlah yang pertama  akan meluncurkan headset 5G di pasaran Eropa. (*)

Sumber