pulsa-logo

Versi Murah Pixel 3 dan Android Q Diprediksi Bakal Muncul di Google I/O 2019


Nariswari

Selasa, 07 Mei 2019 • 13:49

google,Google I/O,Google I/O 2019,pixel 3a,pixel 3a XL,Android Q


Google I/O 2019 logo (Google)Google I/O 2019 logo (Google)

Hanya dalam hitungan beberapa jam lagi, sebelum dimulainya acara Google I/O 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 7-9 Mei 2019 di San Fransisco, di mana raksasa teknologi Google akan memperkenalkan jajaran teknologi terbarunya ke publik.

Beberapa prediksi menegnai hal penting yang bakal di bahas di Google I/O 2019 telah dibuat oleh The Verge. Menurut The Verge, salah satu hal penting yang bakal muncul adalah smartphone Pixel 3 varian yang lebih murah yang akan dinamakan Google Pixel 3a, dan versi OS Android terbaru yakni Android Q. Berikut prediksi lengkap The Verge mengenai event Google I/O tahun ini.

1. Pixel 3a dan Pixel 3a XL

Terkait dengan smartphone Google Pixel 3a, sebelumnya banyak muncul bocoran tentang Pixel 3a yang akan diperkenalkan berbarengan dengan Pixel 3a XL. Google  Pixel 3a akan dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan versi aslinya.

Berdasarkan bocoran informasi yang berasal dari  sumber resmi  dari WinFuture, menyebutkan bahwa casing Google Pixel 3a terbuat dari bahan  polycarbonate. Hal ini jauh berbeda dengan desain kaca pada standar Google Pixel3. Google memberikan keterangan  tentang perangkat Google Pixel 3a yang tahan gores, tetapi  mungkin Google  tidak mempertimbangkan  dampak jika  bahan polycarbonate  dapat mengelupas. Selain itu, desain Google Pixel 3a sangat mirip dengan desain yang dimiliki Pixel 3 asli, dengan aksentuasi dua-warna di bagian belakang yang  “menaungi”  pemindai sidik jari dan terdapat kamera tunggal di belakangnya. Pada bagian depan,  terlihat  bezel di bagian atas  dan bagian bezel bawah  yang masih tebal.

Beberapa jam sebelum dimulainya acara Google I / O 2019 di mana smartphone Pixel 3a akan diperkenalkan, mulai banyak bocoran tentang smartphone tersebut. Smartphone ini akan menampilkan layar  berukuran  5,6 inci, aspek rasio layar  18: 9 , jenis layar OLED dengan resolusi 2,220 x 1,080 piksel dan kepadatan piksel 441ppi. Sementara itu, kinerjanya mengandalkan  processor quad-core Qualcomm Snapdragon 670 SoC, dengan kinerja kelola grafis GPU Adreno 615 dan RAM 4GB LPDDR4x, ROM 64GB dan modul keamanan Titan M untuk mendukung sistem kunci keamanan smartphone  berbasis perangkat keras.  Smartphone yang menjalankan  OS Android v9.0 Pie ini ditenagai oleh baterai berkapasitas daya 3,000mAh.

Pixel 3A dan 3A XL masing-masing akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak dan update keamanan selama tiga tahun, ditambah fitur-fitur lain seperti  Call Screen.


2. Nest Hub MaX

Google  akan  mengungkapkan  inovasi terbaru mereka untuk pengembangan Google Nest Hub Max, yang akan disajikan  pada media yang lebih besar pada layar pintar Home Hub. Nest Hub Max memiliki layar 10-inci dan speaker stereo. Selain itu,  Nest Hub MaX  kemungkinan akan menjalankan perangkat lunak terbaru, dukungan Google Assistant dan memberikan antarmuka visual yang jauh disempurnakan  sehingga dapat menyuguhkan pengalaman yang memudahkan  selama digunakan di mana saja di rumah Anda.

Sebagai produk Nest (dan karena memiliki kamera built-in), Nest Hub Max juga akan  dibekali fitur keamanan rumah yang hanya dimiliki oleh Home Hub  tanpa dukungan kamera.

3. Tinjauan Lengkap OS Android Q

Tentu, setelah  beberapa rilis beta dari pembangan Google Android Q, sangat mungkin Google pada acara Google I/O 2019  akan mengumumkan peluncuran OS Android Q. Rilis besar Android versi  berikutnya akan memberi pengguna lebih banyak kontrol privasi yang fleksibel, termasuk kemampuan untuk membatasi aplikasi hanya untuk melacak lokasi ketika mereka sedang digunakan secara aktif. Selain itu akan mendukung Dark Mode, Color Theming,  dan menu berbagi yang jauh lebih responsive. Tak hanya itu, kabarnya OS Android Q juga meletakkan “fondasi yang sangat penting”  untuk masa depan ponsel yang dapat dilipat.

4. Google Akan Memperkenalkan  Berbagai Fitur Google Stadia

Google meluncurkan layanan cloud gaming-nya, yakni Google  Stadia, di event  Google Developer Conference (GDC) 2019 lalu.  Akan tetapi di event tersebut  Google belum membagikan detail penting seperti  fitur, dan berapa biaya berlangganan Google Stadia. Kemungkinan besar, di acara Google  I / O 2019, Google  akan menayangkan demo lain dari Stadia dengan menampilkan  informasi yang lebih spesifik tentang harga berlangganan untuk konsumen dan berbagai fitur di Google Stadia yang dapat dinikmati oleh seluruh konsumen.

5. Pembaruan Googla Assistant dan  Google Lens Generasi Terbaru

Setiap tahun, Google secara kontinu akan  memamerkan berbagai inovasi terbaru  yang dibuatnya, tak hanya perangkat keras, maupun peramngkat lunak dan aplikasi. Di tahun ini, Google akan memperkanlkan pembaruan Google Assistant dan menjelaskan mengapa Google Assistant  menjadi asisten suara yang terpintar, dan mengapa Google terpau untuk mengembangkan Google Assistant untuk  terus  lebih pintar, melampaui kemampuan Alexa.  Di acara yang sama, Google juga kabarnya akan memperkenalkan Google Lens  generasi terbaru , yang akan dibekali dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang jauh lebih canggih.

6. Peningkatan Google Photo

Aplikasi Google Photo  telah menjadi aplikasi manajemen foto “de facto” bagi banyak smartphone yang dijual di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir. Dengan jumlah pengguna aktif yang massif, Google tentunya memastikan agar aplikasinya tersebut dapat terus diperbaharui. Di acara Google I/O 2019, Google akan memperkenalkan beberapa fitur baru untuk Google Photo, dan update tersebut akan digulirkan ke Google Phonto dalam beberapa minggu setelahnya.

7. Pengenalan Android TV dan Wear OS Versi Terbaru

Google tampaknya memutuskan untuk memperkenalkan versi terbaru Wear OS besutannya di Google  I / O tahun ini. Platform ini  akan mendapatkan widget baru yang disebut Google Tiles  yang memungkinkan Anda dengan mudah melihat berbagai notifikasi di smartwatch, seperti jadwal,  ramalan cuaca, kalender, berita utama, dan sebagainya. Selain itu, Google juga akan memiliki rencana besar untuk mendesain ulang Android TV di  tahun ini. Produk terkait  Android TV paling keren yang kami saksikan di event Google  I / O tahun lalu, memang  masih belum banyak  berhasil dipasarkan, akan  tetapi Google terus mengembangkan  perangkat lunak untuk mendukung perangkat Android TV. Dan prangkat lunak ini  akan digunakan di berbagai smart TV dari berbagai macam produsen termasuk Sony dan Hisense.

8. Demo “Kejutan”

Anda masih ingat tidak,  di tahun lalu, Google benar-benar mengejutkan  publik  dengan demonstrasi pertama mereka terkait “Google Duplex”. Google Duplex ini memungkinkan Google Assistant melakukan panggilan suara ke bisnis lokal dan membuat reservasi atas nama Anda. Nah, diprediksi di event Google I/O 2019, Google akan kembali membuat demo “kejutan” dengan inovasi terbaru lainnya. (*)