pulsa-logo

Realme C2 Memberi Perspektif Baru di Kelas Pemula


Fauzi

Rabu, 08 Mei 2019 • 15:47

realme,realme c2


Realme C2Realme C2

Segmen ponsel kelas pemula selalu menarik untuk dibahas. Ini karena smartphone yang ada di segmen ini harus pintar-pintar memilih senjata guna menarik perhatian pasar. Dasarnya, smartphone kelas pemula adalah ponsel yang memiliki harga jual terjangkau dengan sejumlah fitur atau versi yang lebih rendah dari seri ponsel kelas menengah atau kelas atas.

Segmen tersebut biasanya ditujukan bagi para konsumen yang tidak membutuhkan teknologi terkini atau proses konmputasi yang kencang. Oleh karena itu umum jika kandidat-kandidat smartphone di tingkat ini mengusung spesifikasi yang ketinggalan zaman dengan kapasitas memori, baterai kecil, atau sistem operasi yang mulai usang.

Namun hal ini mulai berubah sejak kehadiran sebuah vendor smartphone asal Tiongkok yaitu realme. Vendor yang bermarkas di Shenzhen ini mulai mengguncang pasar Tanah Air sejal akhir tahun lalu. Khusus di kelas ponsel bawah dua jutaan, realme menelurkan C1, sebuah smartphone yang berhasil jadi jagoan di kelas pemula berkat spesifikasinya yang bersaing namun dengan harga jual terjangkau.

Kini di kuartal kedua tahun 2019 realme memperbaru lini tersebut dengan penerusnya yang bernama realme C2. Kali ini realme membawa beberapa peningkatan spesifikasi yang mengikuti perkembangan zaman sekaligus desain baru.

Realme C2 hadir menjadi terobosan melalui desain bernama Diamond Cutting ikonik. Memilih melakukan pendekatan yang sedikit berbeda. Alih-alih memasang desain mengilap, kali ini C2 membawa desain bodi doff dengan tektur garis-garis menyerupai potongan berlian. Ini dilakukan agar pengguna bisa lebih berfokus ke fungsi tanpa harus mengkhawatirkan tampilan ponsel karena desain seperti ini lebih tahan akan goresan dan sidik jari.

Kemudian hadirnya baterai berkapasitas besar. Melalui baterai dengan kapasitas 4.000mAh, akan memberikan penggunanya keleluasaan dalam mengoperasikan ponsel, tanpa harus mencari-cari stop kontak atau powerbank untung mengecas.

Meski begitu, smartphone ini mampu berikan performa terbaik di kelasnya berkat chipset MediaTek MTK6762R yang memiliki kecepatan clock hingga 2.0GHz. Konfigurasi prosesor Cortex A53 menciptakan performa yang lancar dalam melakukan berbagai aktivitas. Terlebih realme C2 berjalan di sistem operasi terbaru Android 9 Pie yang dibalut dengan kecanggihan antarmuka Color OS 6.0.


Menjadi smartphone murah, bukan berarti diberikan kamera seadanya. Realme C2 masih meneruskan tradisi dengan menyediakan konfigurasi kamera dual di bagian belakang (13MP+2MP). Konfigurasi tersebut mampu hasilkan foto bokeh yang memukat dengan blur natural layaknya hasil dari kamera profesional. Disematkan pula mode Chroma Boost, sebuah terobosan yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan bidikan kamera sehingga dapat memberikan hasil yang memanjakan mata.

Tidak ketinggalan kamera depan yang turut memanfaatkan AI sebagai motor penggerak. Melalui software AI Beauty 2.0, kamera depan dengan resolusi 5MP ini bisa menyesuaikan efek beauty ke penggunanya berdasarkan detail warna kulit, mata, dan rambut. Ini dimungkinan berkat adanya 296 titik identifikasi wajah.

Dengan peningkatan-peningkatan yang dibawa realme C2, pasar ponsel kelas pemula harus bersaing lebih keras lagi untuk menarik perhatian pasar. Spesifikasi dan fitur standar menjadi sektor yang harsu ditingkatkan. Sebab kehadiran realme C2 telah membawa perpektif baru akan sebuah ponsel murah. Dengan harga di bawah dua juta, mudah untuk mengatakan bahwa realme C2 merupakan jagoan kelas pemula. (Ozi)