pulsa-logo

Instagram Bakal Blokir Tagar Berita Hoax Tentang Vaksin


PULSA

Jum'at, 10 Mei 2019 • 23:12

instagram,hoax,hoax vaksin,hoax imunisasi,kebjakan insgram,tagar vaksin


ilustrasiilustrasi

Instagram dilaporkan bakal memblokir tagar berita palsu mengenai vaksin. Seperti dilaporkan Engadget, keputusan itu diambil selang satu hari setelah pihaknya mendapat kecaman karena praktik-praktik yang tidak konsisten dalam penanganan informasi yang salah tentang vaksin. Kebijakan baru tersebut akan memperluas kebijakan larangan Instagram ke tagar yang mungkin tampak tidak terkait atau tidak berbahaya tetapi digunakan untuk menyebarkan klaim yang tak terbukti.

Instagram sebelumnya telah memblokir tagar yang berisi informasi palsu, seperti #vaccinescauseautism dan #vaccinescauseaids. Sekarang, anak perusahaan Facebook itu juga akan memblokir tagar yang tidak selalu berisi informasi yang keliru tetapi digunakan oleh anti-vaxxers untuk menyebarkan klaim palsu. Misalnya, jika ada kelompok pengguna mulai menggunakan tagar # Vaccines1234 untuk membagikan informasi yang salah, tagar tersebut akan diblokir oleh Instagram.

Ketika tagar diblokir oleh Instagram, itu berarti informasi itu tidak mungkin ditemukan dan mencoba mengklik tagar yang terlarang tidak akan menghasilkan hasil apa pun dan tagar tidak akan muncul ketika pengguna mencarinya. Ini juga sudah dilakukan oleh Facebook guna membatasi penyebaran informasi yang salah tentang vaksin.

Instagram mengatakan mereka juga mencari cara baru untuk memerangi berita palsu. Misalnya dengan pesan sembulan ketika orang mencari tagar yang berhubungan hal-hal yang bertentangan terutama yang berhubungan dengan vaksin. Perusahaan mengatakan prosesnya masih dalam tahap awal karena terus memilah kebijakannya dalam menangani konten dan akun yang berpotensi berbahaya. (*)