pulsa-logo

Teknologi 5G Akan Dorong Layanan Video 8K/4K UHD


Fauzi

Senin, 13 Mei 2019 • 14:38

CEO Sharp,Dai Jeng-wu,video 8K/4K ultra high definition (UHD,5G


Ilustrasi, Image: ShutterstockIlustrasi, Image: Shutterstock

Perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp, mengungkap sejumlah hal terkait dengan era 5G yang di depan mata.

CEO Sharp, Dai Jeng-wu, mengatakan bahwa perkembangan teknologi dan solusi utama terkait untuk layanan video 8K/4K ultra high definition (UHD) akan dipercepat dan direalisasikan dengan mengoptimalkan jaringan 5G.

“Siaran langsung 8K akan menjadi kenyataan di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang dan juga di Olimpiade Musing Dingin Beijing 2022,” kata Dai di World Conference on Ultra HD Video (4K/8K) Industy yang digelar di Guangzhou seperti dilansir DigiTimes.

Lebih jauh Dai mengungkap bahwa perusahan telah menyelesaikan peerekaman video langsung 8K pertama di dunia dan secara bersamaan mentransmisikan gambar yang direkam menggunakan teknologi nirkabel. Sharp juga berhasil mentransmisikan gambar 8K secara nirkabel ke kendaraan berkecepatan tinggi.

Sharp bersama dengan perusahaan induk Foxconn Electronics telah menyelesaikan uji coba siaran langsung 8K+5G di Chengdu yang bekerja sama dengan China Telecom.

Untuk pengembangan teknologi 8K, Sharp sendiri telah meluncurkan kamera mikro 8K dengan sensor gambar 8K CMOS. Dai mengatakan bahwa kamera mikro 8K besutannya sudah tersedia pada bulan April.

Sharp juga telah menyelesaikan pengembangan layar sentuh berkemampuan 8K dan system inspeksi industry 8K serta aplikasi teknis lainnya. (Ozi)


(Sumber)