pulsa-logo

Lenovo Pamer PC Lipat Pertama di Dunia


Nariswari

Selasa, 14 Mei 2019 • 20:34

Lenovo Pamer PC Lipat Pertama di Dunia


Purwarupa PC Lipat Lenovo, image courtesy: The VergePurwarupa PC Lipat Lenovo, image courtesy: The Verge

Jika selama beberapa bulan belakangan ini smartphone lipat dianggap sebagai inovasi baru yang segar, namun industry perangkat pintar ternyata  tidak berhenti di situ saja. Lenovo kemarin (13/5)  memamerkan sebuah PC lipat pertama di dunia. Ini merupakan purwarupa Lenovo ThinkPad generasi mendatang yang menggunakan teknologi layar lipat dengan ukuran layar yang cukup lapang.

Sebenarnya Lenovo telah mengembangkan perangkat ini sejak  lebih dari tiga tahun yang lalu dan memiliki rencana untuk meluncurkan perangkat jadi pada tahun 2020. Kabarnya, PC lipat ini akan menjadi  bagian dari merek ThinkPad X1 yang menyasar segmen premium. Adapun nantinya perangkat ini akan tercipta  sebagai perangkat PC/ laptop, bukan aksesori atau komputer sekunder seperti tablet.

Selain faktor estetis karena keren, Lenovo tentu memiliki alasan lain mengapa membuat PC lipat. Jawabannya sebagian besar adalah : portabilitas. Secara konsep, alasan ini kebalikan dari apa yang sebagian besar ponsel lipat lakukan. Samsung dan Huawei mencoba “mengubah”  perangkat seukuran smartphone biasa dan menjadikan ukurannya lebih besar. Namun ide di balik PC lipat ThinkPad ini  adalah untuk mengubah bentuk PC atau leptop menjadi lebih kecil.

Perangkat ini akan menampilkan layar OLED berukuran 13,3 inci, memiliki rasio layar  4: 3, menampilkan layar  2K yang dapat dilipat hingga seukuran buku hardcover. Kemungkinan pernagkat ini memiliki bobot kurang dari 2 pon. Dan ini adalah dimensi yang sangat menarik dari sisi “pemangkasan” ukurannya ketika Anda melipatnya menjadi dua, menjadikannya secara dramatis lebih kecil daripada laptop biasa.

Pada video demo tersebut, PC lipat tersebut bekerja fungsional,akan  tetapi tidak banyak yang bisa dilihat pada tahap ini. Terlihat pada bagian layar yang terbuka, menampilkan Windows bekerja cukup baik sebagai antarmuka. Layar sentuhnya sangat responsif.

Dari segi desain, PC lipat Lenovo ini memiliki ukuran yang memang sangat simple dan bagus. Saat terlipat, jauh lebih kecil daripada laptop biasa yang berukuran 13 inci. Dan meskipun perangkat ini masih tergolong agak besar untuk masuk ke saku jeans atau jaket, namun  relatif kompak. Dalam mode terlipat, PC lipat Lenovo ini  juga sangat nyaman untuk dipegang, seperti halnya Anda memegang buku.

Mekanisme pelipatan layar  terlihat kokoh pada prototipe ini, meskipun dalam video tersebut Lenovo tidak mengambil gambar close-up tentang bagaimana engsel bekerja, atau bagaimana kondisi layar saat tertutup dan meregang.


Namun karena masih prototipe, layar PC lipat Lenovo ini  memiliki sudut pandang yang agak buruk. Saturasi warnanya  menggeser secara “liar” ketika tampak di dari sudut tertentu. Yah, ini memang masalah pelik yang harus dipecahkan di semua perangkat dengan desain layar lipat.

Adapun cara Anda menggunakan perangkat ini, Lenovo mendemokan melalui video tersebut bahwa  Anda dapat menggunakannya dengan  sepenuhnya terbuka seperti tablet berukuran besar. Atau sebagian dilipat dalam faktor bentuk yang mirip buku. Kickstand internal memungkinkan Anda menopang sebagian layar saat ditempatkan di atas meja. Dan perangkat ini dapat dipasangkan dengan keyboard dan trackpad nirkabel.

Dan, mungkin yang paling menarik, Anda dapat menghidupkan perangkat dan menggunakannya dalam faktor bentuk gaya laptop biasa. Menggunakan separuh layar sebagai papan ketik atau papan tulis digital, mirip dengan  Lenovo Yoga Book Dual Screen. Secara cerdik, sisi kanan layar (yang berfungsi sebagai bagian "bawah" saat digunakan dalam mode laptop) berisi komponen baterai, yang membuatnya tetap berat sehingga tidak akan jatuh saat diposisikan seperti laptop.

Sayangnya, Lenovo belum memberikan informasi lebih lanjut terkait dengan spesifikasi, dan fitur kunci yang  akan diusungnya.  Namun yang pasti adalah PC lipat Lenovo ini akan menjalankan Windows dan akan diotaki CPU Intel. (*)

Sumber