pulsa-logo

Gameplay Management, Fitur Baru PUBG untuk ABG Agar Tak Kecanduan


Nariswari

Kamis, 16 Mei 2019 • 20:41

PUBG,fitur baru PBG,kecanduan PUBG,dampak PUBG


ilustrasi (Game PUBG/doc.PULSA)ilustrasi (Game PUBG/doc.PULSA)

PUBG dilaporkan meracik fitur baru yang bisa mengingatkan para pemainnya kapan harus beristirahat atau rehat dari bermain game tersebut. Langkah terbaru PUBG Mobile ini menyusul beragam kritik terhadap game tersebut di India.

PUBG Mobile juga telah menghadapi larangan (banned) di Negara bagian Gujarat - India. Bahkan ada beberapa  laporan yang menyebutkan bahwa pihak berwenang mulai melarang PUBG Mobile di India. Menanggapi  hal tersebut, PUBG Mobile  mengatakan bahwa mereka sedang  menggarap  sebuah fitur  yang  berfokus pada pengenalan sistem gameplay yang lebih sehat bagi pengguna.

Fitur baru PUBG Mobile yang disebut sistem 'Gameplay Management' sekarang  sudah tersedia di delapan negara termasuk India. Fitur ini hanya berlaku untuk pemain ABG di bawah usia 18 tahun.

PUBG Mobile mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk menjadi penyedia konten hiburan interaktif yang bertanggung jawab. Dengan para ahli di seluruh dunia yang meneliti dampak teknologi pemain dari segala usia, tim  di PUBG Mobile ingin memastikan komunitas game mereka  tetap nyaman dana man selama memainkan  PUBG Mobile.

“Pengumuman  fitur baru tersebut kemarin (15/5) adalah langkah proaktif PUBG Mobile untuk memastikan bahwa ratusan juta pemain di seluruh dunia dapat terus menikmati PUBG Mobile secara berkelanjutan.”u jar  Vincent Wang (GM dari Departemen Penerbitan Global, Tencent Games), seperti dikutip PULSA dari Hindustantimes.

Gameplay Management ini akan secara otomatis aktif untuk pemain di bawah usia 18 tahun. Sistem ini juga mengharuskan para pemain ABG untuk mandapatkan bimbingan game (game advisory) sebelum mulai memainkan PUBG Mobile. PUBG Mobile kemudian akan mulai mengirimkan notifikasi (pemberitahuan) pop-up ke pemain ketika mereka harus istirahat sejenak dari bermain game.

Fitur ini agak  berbeda dari fitur ‘Health Reminder’ PUBG Mobile yang  diuji pada bulan Maret lalu. Fitur ini agak lebih “ekstrem” karena gamer  PUBG Mobile di India mulai melaporkan  bahwa  game PUBG Mobile mereka dikunci setelah bermain selama enam jam non-stop.  Ada kesan, bahwa pemain dilarang bermain game ini melewati batas enam jam. Setelah kasus itu merebak,  PUBG Mobile kemudian  buru-buru mengklarifikasi bahwa ini sebenarnya adalah “kesalahan sistem”  dan mereka segera memperbaikinya. (*)